Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/2866
Title: Strategi Guru dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Pada Masa Pandemi Covid-19 di SMA Negeri 9 Malang
Authors: Khoiron, Abdul Rozaq
Keywords: Agama Islam
Pendidikan Agama Islam
Strategi Guru
Masa Pandemi Covid-19
Pembelajaran Jarak Jauh
Issue Date: 19-Jul-2021
Publisher: Universitas Islam Malang
Abstract: Penelitian ini bertolak dari strategi yang guru gunakan dalam melaksanakan pembelajaran di masa pandemi Covid-19 yaitu pembelajaran jarak jauh (PJJ) agar dapat berjalan secara efektif, efisien, dan optimal serta dapat berlangsung dengan baik. Penelitian ini bertujuan, Mendeskripsikan strategi guru dalam pembelajaran PAI pada masa pandemi Covid-19 di SMA Negeri 9 Malang. (1) Mendeskripsikan Perencanaan guru dalam pembelajaran PAI pada masa pandemi Covid-19 di SMA Negeri 9 Malang. (2) Mendeskripsikan Pelaksanaan guru dalam pembelajaran PAI pada masa pandemi Covid-19 di SMA Negeri 9 Malang. (3) Mendeskripsikan Evaluasi guru dalam pembelajaran PAI pada masa pandemi Covid-19 di SMA Negeri 9 Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Subjek penelitian tiga orang guru mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) , informan waka kurikulum. Teknik pengumpulan data: observasi, dokumentasi dan wawancara. Teknik pengabsahan data: teknik triangulasi. Teknik analisis data: data reduction (pemilihan data), data display (penyajian data) dan conclusion drawing/verification(penarikan kesimpulan). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: strategi pembelajaran guru: (a) Perencanaan strategi: guru membuat rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) menyesuaikan dengan silabus pembelajaran daring pada masa pandemi Covid-19. Penggunaan metode pembelajaran berpusat pada metode daring melalui materi yang dikirim oleh guru. Media pembelajaran yang digunakan berbasis multimedia berupa modul Powerpoint dan media komunikasi Platform Efront, Whatsapp Group, Zoom Met dan Google Classroom. (b) Pelaksanaan strategi dilakukan dalam bentuk penyampaian materi, guru menyampaikan materi secara berurutan dari materi yang paling mudah, untuk memaksimalkan penerimaan siswa terhadap materi yang di sampaikan oleh guru, guru juga menggunakan metode mengajar yang sesuai dengan materi dan menggunakan media sebagai alat bantu dalam penyampaian materi. (c) Evaluasi dan penilaian: bentuk evaluasi berupa tes tulis, tes lisan, dan tes tugas melalui Platform Efront, Google Form dan penilaian dalam bentuk pemberian tugas oleh guru PAI.
URI: http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/2866
Appears in Collections:UT - Islamic Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
S1_FAI_PEND AGAMA ISLAM_21701011168_Abdul Rozaq Khoiron.pdf1.17 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.