Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/3020
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorMaisaroh, Siti-
dc.date.accessioned2022-01-17T01:44:12Z-
dc.date.available2022-01-17T01:44:12Z-
dc.date.issued2021-06-08-
dc.identifier.urihttp://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/3020-
dc.description.abstractPendidikan merupakan proses mendidik dan membimbing anak didik untuk mencapai tujuan yang di inginkan tentunya dengan perubahan-perubahan positif dalam diri anak. pendidikan pertama berawal dari keluarga dan inti dari pendidikan tersebut adalah orang tua. orang tua adalah madrasah pertama bagi anak-anaknya, tanpa adanya peran orang tua anak tidak bisa mendapatkan pendidikan yang layak, perlu adanya didikan, bimbingan, arahan dari orang tua dan hal itu sudah termasuk dari tanggung jawab orang tua. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui usaha orang tua dalam memotivasi belajar peserta didik, untuk mengetahui model orang tua memotivasi belajar peserta didik, dan untuk mengetahui hasil setelah termotivasi oleh orang tua. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang bersifat study kasus,yang mengambil lokasi di MTs Negeri 1 Pasuruan. Sumber data yang digunakan adalah sumber data Primer dan skunder. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah metode observasi, metode wawancara dan metod dokumentasi. Berdasarkan penelitian yang dilakukan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi bahwa peran yang dilakukan orang tua dalam memotivasi belajar peserta didik yaitu dengan orang tua sebagai pengasuh atau pelindung, orang tua sebagai pembimbing atau pendidik, orang tua sebagai pembentuk kepribadian anak, dan orang tua sebagai fasilitator. Adapun bentuk usaha orang tua dalam memotivasi anak yaitu memberi perhatian, menyiapkan kebutuhan anak, memberikan hadiah, menemani anak disaat belajar, pujian dan hukuman. Adapun model orang tua dalam memotivasi peserta didik dengan beberapa model diantaranya model pendekatan, model teladan, model motivator, dan model penerapan hukum. Berdasarkan analisis data yang disimpulkan dan dipahami bahwa peran orang tua dalam memotivasi belajar peserta didik ini sangat berpenharuh baik. Hal ini bisa dilihat dari wawncara dan observasi bahwa peran orang tua sudah direalisasikan secara baik oleh orang tua peserta didik kelas VII MTs Negeri 1 Pasuruan.en_US
dc.publisherUniversitas Islam Malangen_US
dc.subjectAgama Islamen_US
dc.subjectPendidikan Agama Islamen_US
dc.subjectPeran Orang Tuaen_US
dc.subjectMemotivasien_US
dc.subjectBelajaren_US
dc.titlePeran Orang Tua dalam Memotivasi Belajar Peserta Didik (Kajian Tentang Proses Pembelajaran di Era Pandemi Covid-19 di MTS Negeri 1 Pasuruan)en_US
dc.typeOtheren_US
Appears in Collections:UT - Islamic Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
S1_FAI_PENDIDIKAN AGAMA ISLAM_21701011119_SITI MAISAROH.pdf2.8 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.