Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/3193
Title: Efektivitas Pembelajaran Daring dalam Penggunaan Aplikasi Whatsapp pada Mata Pelajaran Tematik di MI Nurul Ulum Arjosari Malang
Authors: Afriada, Rizko
Keywords: Efektivitas
Pembelajaran Daring
Aplikasi Whatsapp
Tematik
Issue Date: 22-Jul-2021
Publisher: Universitas Islam Malang
Abstract: Kata Kunci: Efektivitas, Pembelajaran Daring, Aplikasi Whatsapp, Tematik Pada era globalisasi ini zaman sudah semakin maju dan masyarakat juga sudah berkembang dalam bidang elektronik tidak hanya di dalam masyarakat saja tetapi di dalam dunia pendidikan juga berkembang dalam hal elektronik yaitu pada kegiatan pembelajaran selalu berhbungan dengan benda elektronik, karena saat ini pelajar termasuk dalam generasi alpha yang segala sesuatunya senggunakan elektronik maka pendidik mengikuti perkembangan yang ada dan menyesuaikan pembelajaran dengan apa yang peserta didik sering lakukan. Berdasarkan yang terjadi saat ini adanya wabah pandemi COVID-19 ini pembelajaran dianjurkan dari pihak sekolah untuk melakukan pembelajaran di rumah masing-masing maka dari itu guru mengambil tindakan untuk menggunakan media pembelajaran yang berbasis online agar peserta didik dapat mengakses dari rumah masing-masing. Maka guru memutuskan untuk menggunakan aplikasi Whatsapp sebagai media pembelajaranya pada mata pelajaran tematik kelas 4 di MI Nurul Ulum Arjosari. Dari latar belakang penelitian, peneliti merumuskan masalah yakni, tentang bagaimana pelaksanaan penggunaan aplikasiWhatsapp, bagaimana efektivitas pembelajaran melalui aplikasi Whatsapp, faktor apa saja yang mendukung dalam penggunaan aplikasiWhatsapp, faktor apa saja yang adapat menghambat dalam penggunaan aplikasi Whatsapp. Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan tentang pelaksanaan penggunaan aplikasi Whatsapp pada mata pelajaran tematik, menjelaskan efektivitas penggunaan aplaikasi Whatsapp pada mata pelajaran tematik, faktor apa saja yang mendukung penggunaan aplikasi Whatsapp, dan faktor apa saja yang dapat menghambat penggunaan aplikasi Whatsapp pada mata pelajaran tematik. Untuk mencapai tujuan tersebut maka peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dan menggunakan jenis penelitian studi kasus, prosedur untuk pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, yaitu dengan peneliti mengamati kegiatan yang dilakukan oleh subjek yang diteliti di lapangan, metode wawancara yaitu pengumpulan data dengan cara Tanya jawab kepada narasumber yang menjadi subjek penelitian, metode dokumentasi yaitu mengumpulkan data yang berupa catatan, transkip, buku, laporan-laporan agenda dan sebagainya. Dari temuan peneliti yang didapat, 1) pelaksanaan pembelajaran daring melalui aplikasi Whatsapp pada mata pelajaran tematik, guru memperlaksanakan pembelajaran daring didalam grup Whatsapp, waktu pembelajaran pada mata pelajaran tematik dilakukan pada hari senin dari jam 08.00-10.00 wib dan untuk pengumpulan tugas diberikan watu sampai dengan jam 00.00 malam, adapun untuk presensi guru menggunakan pengumpulan tugas peserta didik untuk bukti presensi. 2) efektivitas pembelajaran menggunakan aplikasi Whtasapp, dari hasil temuan penelitian guru menggunakan 4 landasan yaitu, berlandasan pada nilai kriteria ketuntasan minimal, ulangan harian atau pengumpulan tugas, penilaian tengah semester, penilaian akhir semester, dan dapat disimpulkan dari data yang peneliti dapatkan secara langsung dalam penggunaan aplikasi Whatsapp pada mata pelajaran tematik di MI Nurul Ulum sudah cukup efektif, walaupun masih terdapat kekurangan dalam pembelajaran ini. 3) kelebihan dan kelemahan penggunaan aplikasi WhatsApp dalam pembelajaran tematik, dari hasil temuan terdapat kelebihan dan kelemahan pada penggunaan apliksi Whatsapp yaitu sebagai berikut; Whatsapp merupakan aplikasi yang sudah terbiasa digunkan oleh masyarakat Indonesia, rendah menggunakan kouta, bisa digunkan dimana saja dengan syarat adanya sinyal, adapun kekurangan sebagai berikut; harus menggunakan sinyal, dan adanya keterbatasan dalam mengirimkan video. Hal yang perlu diperhatiakan sebagai saran yaitu tentang bagaimana kedepan pihak lembaga dan juga para guru dapat memaksimalkan dalam penguasaan media pembelajaran yang berbasis online.
URI: http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/3193
Appears in Collections:UT - Madrasah Ibtidaiyah Teacher Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
S1_FAI_PENDIDIKAN GURU MADRASAH IBTIDAIYAH_21701013049_RIZKO AFRIADA.pdf2 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.