Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/3326
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorSahara, Intan-
dc.date.accessioned2022-03-24T01:59:18Z-
dc.date.available2022-03-24T01:59:18Z-
dc.date.issued2021-12-29-
dc.identifier.urihttp://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/3326-
dc.description.abstractDilihat dari perkembangan jaman yang semakin pesat, semakin banyak pula hal-hal yang dirasa kurang baik yang terjadi di masyarakat seperti kenakalan remaja yang semakin banyak terjadi dan menjadi permasalahan yang tak kunjung selesai. Terlebih lagi di kalangan remaja putri yang harusnya lebih banyak dibimbing, diarahkan, dan diberikan pengetahuan yang mendalam mengenai hal-hal yang baik maupun yang tidak baik khususnya ilmu-ilmu agama. Dengan demikian maka dibutuhkan kegiatan yang mampu menampung dan memberi ruang bagi remaja putri untuk mendalami ilmu-ilmu agama. Ditinjau dari permasalahan diatas maka peneliti merumuskan beberapa focus permasalahan, yakni bagaimana perencanaan implementasi ekstrakurikuler kegiatan keagamaan program keputrian, bagaimana pelaksanaan ekstrakurikuler kegiatan keagamaan program kerputrian dan apa saja dampak dari implementasi ekstrakurikuler kegiatan keagamaan program keputrian bagi siswi SMKN 5 Malang. Kegiatan keputian merupakan kegiatan yang memberi ruang kepada remaja putri untuk dapat mendalami dan belajar mengenai ilmu-ilmu agama yang berguna untuk kehidupan sehari-hari dan juga membimbing siswi untuk menjadi wanita yang baik dan sholihah. Dalam kegiatan ini siswi diajarkan dan diberi bimbingan mengenai akhlak perilaku perempuan, fiqh wanita serta memperkanalkan kedudukan wanita dalam islam. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang yakni perencanaan ekstrakurikuler program keputrian, pelaksanaan ekstrakurikuler program keputrian, serta apa saja dampak dari pelaksanaan ekstrakurikuler program keputrian bagi siswi SMKN 5 Malang. Dengan demikian untuk mencapai tujuan tersebut diatas epenelitian dilakukan dengan jenis penelitian kualitatif dimana prosedur pengumpulan data dilakukan dengan beberapa metode yakni metode observasi, dokumentasi dan wawancara. Dari hasil penelitian menujukkan bahwa perencanaan program keputrian yaitu penyusunan jadwal pemateri mulai dari guru-guru putri hingga pihak-pihak luar yang diundang untuk mengisi acara setiap minggunya. Pelaksanaan program keputrian selalu dilakukan setiap hari jumat diluar jam pelajaran yakni ketika siswa laki-laki melakukan ibadah sholat jumat. Pada saat penyampaian materi siswi diharuskan mencatat dan merangkum materi yang diberikan pemateri serta mengumpulkanya pada akhir kegiatan sebagai bukti absensi kehadiran. Kegiatan keputian yang dilaksanakan di SMKN 5 Malang sudah berjalan sangat baik, mulai dari perencanaan, pelaksanaan, hingga dampak positif yang dirasakan seluruh warga SMKN 5 Malang terutama bagi siswi SMKN 5 Malang. Kata Kunci : Implementasi, Ekstrakurikuler Keagamaan, Program Keputrianen_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherUniversitas Islam Malangen_US
dc.subjectPendidikan Agama Islamen_US
dc.subjectPendidikan Islamen_US
dc.subjectImplementasien_US
dc.subjectEkstrakurikuler Keagamaanen_US
dc.subjectProgram Keputrianen_US
dc.titleImplementasi Ekstrakurikuler Kegiatan Keagamaan dalam Program Keputrian di SMKN 5 Malangen_US
dc.typeOtheren_US
Appears in Collections:UT - Islamic Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
S1_FAI_PENDIDIKAN AGAMA ISLAM_21701011054_INTAN SAHARA.pdf1.35 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.