Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/3330
Title: Strategi Guru PAI dalam Meningkatkan Domain Kognitif Siswa Berbasis Pembelajaran Daring pada Masa Pandemi Covid – 19 di SMPN 05 Karangploso Kabupaten Malang
Authors: Margaretta, Shinta
Keywords: Pendidikan Agama Islam
Pendidikan Islam
Strategi
Meningkatkan
Domain Kognitif
Daring
Issue Date: 24-Jun-2021
Publisher: Universitas Islam Malang
Abstract: Pendidikan harus tetap terus berjalan dalam kondisi apapun. Tak menutup kemungkinan pada keadaan seperti ini, saat pandemi Covid-19. Seperti menggunakan metode pembelajaran daring. Metode yang digunakan adalah metode pembelajaran jarak jauh. Dalam kondisi saat ini, pemahaman mengenai berbagai aspek sangat perlu diperhatikan baik aspek kognitif, aspek afektif dan psikomotorik. Dalam kegiatan belajar aspek kognitif merupakan salah satu aspek penting karena aspek yang berpusat pada otak yang berkaitan dengan masalah intelektual. Maka dari itu, perlu adanya strategi-strategi tertentu yang digunakan dalam meningkatkan domain kognitif siswa di masa pandemi ini. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan strategi yang digunakan guru dalam meninkgkatkan domain kognitif siswa pada pembelajaran daring di Masa pandemi ini. peneliti juga mendeskripsikan beberapa faktor penghambat dan pendukung dalam meningkatkan domain kognitif siswa pada pembelajaran PAI. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dengan menggunakan teknik pengumpulan data menggunakan metode obsevasi, wawancara yang dilakukan terhadap guru, kepala sekolah, dan waka kurikulum untuk mengetahui cara guru meningkatkan domain kognitif siswa pada pembelajaran berbasis daring di Masa pandemi ini terhadapa pelajaran PAI. Dokumentasi digunakan untuk mengetahui pembelajaran sesuai dengan RPP dan Silabus. Data tersebut kemudian peneliti oleh dalam bentuk deskripsi dan secara kualitatif. Analisis data dilakukan dengan menggunakan kondensasi data, display data dan kesimpulan. Adapun hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa di SMPN 05 Karangploso strategi yang digunakan guru dalam pembelajaran adalah menggunakan berbagai macam strategi pembelajaran, seperti: strategi pembelajaran eksposition, ekspositori, kontekstual (CTL), strategi door to door, metode ceramah. Faktor pendukung dan faktor penghambat selama proses pembelajaran yang dilakukan dengan pembelajaran daring. Beberapa faktor pendukung meliputi: adanya komponen pokok (guru, murid, sarana prasarana) dalam proses belajar yang menyebabkan pembelajaran masih dapat berlangsung, tersedianya buku sebagai sumber belajar dan lain-lain. Faktor penghambat dalam pembelajaran meliputi: Terkendala sinyal untuk sebagian murid yang tinggal dikawasan susah sinyal, Kurangnya dukungan orangtua dalam mengawasi pembelajaran selama dirumah, dan lain-lain. Kata Kunci : Strategi, Meningkatkan, Domain Kognitif, Daring
URI: http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/3330
Appears in Collections:UT - Islamic Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
S1_FAI_PENDIDIKAN AGAMA ISLAM_21701011213_SHINTA MARGARETTA.pdf1.78 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.