Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/3493
Title: Strategi Pembelajaran Guru Akidah Akhlak dalam Meningkatkan Motivasi Bealajar Siwa di MTs. Hasyim Asy’ari Kota Batu
Authors: Aprilia, Rochmathul Duwi
Keywords: Pendidikan Agama Islam
Strategi Pembelajaran
Motivasi Belajar
Issue Date: 21-Jun-2021
Publisher: Universitas Islam Malang
Abstract: Strategi pembelajaran merupakan suatu rencana yang disusun untuk mencapai tujuan pembelajaran agar tercapai secara efektif. Adapun tujuan yang ingin dicapai yaitu meningkatkan motivasi siswa untuk terus selalu belajar. Apalagi dalam kondisi pandemi yang seperti ini siswa harus lebih diberikan motivasi belajar karena pembelajaran sekarang dilakukan di rumah. Penelitian ini merupakan penelitian yang terkait strategi pembelajaran guru akidah akhlak dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di MTs Hasyim Asy’ari Kota Batu. Fokus penelitian yang akan peneliti bahas dalam penelitian ini yaitu: 1) Bagaimana perencanaan pembelajaran Akidah Akhlak dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di MTs Hasyim Asy’ari Kota Batu. 2) Bagaimana implementasi pembelajaran Akidah Akhlak dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di MTs Hasyim Asy’ari Kota Batu. 3) Bagaimana evaluasi pembelajaran Akidah Akhlak dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di MTs Hasyim Asy’ari Kota Batu. Adapun tujuan dalam penelitian ini yaitu: 1) Untuk mendeskripsikan perencanaan pembelajaran Akidah Akhlak dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di MTs Hasyim Asy’ari Kota Batu. 2) ) Untuk mendeskripsikan implementasi pembelajaran Akidah Akhlak dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di MTs Hasyim Asy’ari Kota Batu. 3) ) Untuk mendeskripsikan evaluasi pembelajaran Akidah Akhlak dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di MTs Hasyim Asy’ari Kota Batu. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi kegiatan pembelajaran, wawancara dengan Bapak Kepala Madrasah dan Ibu Guru mata pelajaran Akidah Akhlak, dan dokumentasi yang mencakup data- data dari Madrasah. Adapun teknik analisis datanya menggunakan reduksi data (data condensation), penyajian data (data display) dan penarikan kesimpulan (conclusion drawing/verifivation) Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa perencanaan pembelajaran guru akidah akhlak dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di MTs Hasyim Asy’ari Kota Batu yaitu sebelum pembelajaran dilaksanakan, seorang guru mempersiapkan perencanaan pembelajaran dengan membuat RPP, di dalam RPP telah direncanakan dan dipersiapkan mengenai materi yang akan diajarkan, strategi dan metode yang akan diterapkan, sumber pembelajaran yang akan dipakai media pembelajaran yang akan digunakan. Selain itu guru mempersiapkan pendekatan apa yang akan digunakan untuk pembelajaran agar siswa termotivasi untuk belajar. Implementasi pembelajaran guru akidah akhlak dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di MTs Hasyim Asy’ari Kota Batu yaitu pembelajaran dengan menggunakan strategi konstektual agar siswa lebih termotivasi dalam belajar, karena siswa lebih terlibat dalam pembelajaran dan juga dapat menghubungkan pada kegiatan sehari-hari. Agar siswa lebih termotivasi, guru memberikan hadiah hingga hukuman di dalam pembelajaran, hal ini dimaksudkan agar siswa lebih termotivasi belajar. Evaluasi pembelajaran guru akidah akhlak dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di MTs Hasyim Asy’ari Kota Batu dilakukan dengan rapat evaluasi internal yang dilakukan setiap satu bulan sekali dan diakhir yang dilaksanakan pada awal bulan, kemudian evaluasi pembelajaran untuk meningkatkan motivasi siswa dilakukan oleh guru akidah akhlak dengan melaksanakan ulangan harian, UTS, Ujian Semester dan Ujian Kenaikan Kelas. Kata Kunci: Strategi Pembelajaran, Motivasi Belajar
URI: http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/3493
Appears in Collections:UT - Islamic Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
S1_FAI_PENDIDIKAN AGAMA ISLAM_21701011142_ROCHMATUL DUWI APRILIA.pdf1.63 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.