Please use this identifier to cite or link to this item:
http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/3566
Title: | Studi Perencanaan Tebal Lapisan Perkerasan Landasan Pacu Bandara Udara Oesman Sadik Kabupaten Halmahera Selatan |
Authors: | Aljokja, Aldi |
Keywords: | Teknik Teknik Sipil Perkerasan Kaku FAA Bandar Udara Oesman Sadik Perkerasan Bandara |
Issue Date: | 22-Jan-2022 |
Publisher: | Universitas Islam Malang |
Abstract: | Landasan pacu atau runway merupakan area yang digunakan pesawat terbang untuk melakukan lepas landas dan pendaratan. Permasalahannya terjadi adanya penambahan pesawat dengan tipe B737-800NG sehingga diperlukan adanya pengembangan landasan pacu atau runway agar dapat mendaratkan pesawat tipe B737-800NG. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui hasil perhitungan tebal lapisan perkerasan kaku runway, menghitung pembebanan pesawat, menghitung debit rancangan, dan menghitung dimensi saluran drainase. Perencanaan perkerasan kaku runway menggunakan metode FAA dan perencanaan drainasenya menggunakan metode RAPS. perhitungan pembebanan pesawat didapatkan beban roda pendaratan sebesar 11,167 kg dengan pesawat rencana tipe B737-800NG. Dalam perhitungan perkerasan didapatkan hasil slab beton 36 cm dengan diameter Dowel 30 mm, panjang 51 cm dan jarak 35 cm dan diameter tulangan melintang besi Ø30 jarak 380 mm. dan Untuk perhitungan debit rancangan dan dimensi saluran drainasenya didapatkan debit rancangan 3,296 m2/detik, sedangan dimensi saluran didapat h = 1 m, b = 1 m dan w = 30 cm. Kata kunci: Perkerasan Kaku, FAA, Bandar Udara Oesman Sadik, Perkerasan Bandara. |
URI: | http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/3566 |
Appears in Collections: | UT - Civil Engineering |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
S1_TEKNIK_TEKNIK SIPIL_21501051021_ALDI'ALJOKJA.pdf | 1.67 MB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.