Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/3696
Title: Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Konsumen dalam Pembelian Bunga Anggrek di “Sasa Orchid” Pasar Bunga Splendid Kota Malang
Authors: Pratama, Adi Putra
Keywords: Pertanian
Agribisnis
Karakteristik Konsumen
Keputusan Konsumen
Analisis Regresi Model Logit
Issue Date: 2-Jan-2022
Publisher: Universitas Islam Malang
Abstract: Salah satu jenis tanaman hias yang memiliki permintaan tinggi adalah bunga anggrek. Permintaan terhadap bunga anggrek dapat berfluktuasi. Keputusan konsumen dalam melakukan pembelian bunga anggrek tidak terlepas dari peranan konsumen dalam menilai dan mengidentifikasi produk tersebut sehingga nantinya akan memutuskan melakukan keputusan pembelian atau tidak. Keputusan konsumen yang berbeda-beda membuat pengusaha untuk dapat mengetahui apa saja faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan konsumen dalam pembelian. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Mengidentifikasi karakteristik konsumen Sasa Orchid Splendid Kota Malang, (2). Menganalisis faktor-faktor yang berpengaruh terhadap keputusan konsumen dalam pembelian bunga anggrek di Sasa Orchid Splendid Kota Malang. Penelitian ini dilaksanakan di “Sasa Orchid” Pasar Bunga Splendid Kota Malang. Pemilihan lokasi ini dilakukan secara sengaja (purposive), yaitu didasarkan atas pertimbangan berdasarkan kesesuaian karakteristik dan tujuan penelitian. Responden di ambil dari konsumen di “Sasa Orchid sebanyak 30 orang, dengan menggunakan teknik Accidental Sampling yaitu merupakan pengambilan sampel secara kebetulan ada di tempat penelitian (Notoatmojo, 2010) sehingga didapatkan 30 responden. Data yang dikumpulkan merupakan data primer dan sekunder. Metode pengumpulan data menggunakan data primer dan data skunder, sedangkan analisis data yang digunakan adalah analisis statistika (regresi model logit). Berdasarkan hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa secara signifikan faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan konsumen dalam membeli bunga anggrek adalah variabel pendapatan, harga, dan kualitas, sedangkan variabel yang tidak berpengaruh adalah variabel pendidikan, motivasi, persepsi, dan pelayanan. Untuk saran perlu dilakukan adanya penelitian lebih lanjut terhadap kemungkinan faktor lain yang dapat mempengaruhi keputusan konsumen dalam membeli bunga anggrek. Untuk responden dalam penelitian selanjutnya diharapkan lebih banyak lagi agar mendapatkan hasil data yang lebih akurat dan maksimal. Bagi konsumen bunga anggrek agar lebih memperhatikan pelayanan pada saat akan membeli bunga anggrek. Hasil penelitian ini nantinya diharapkan dapat membantu produsen untuk lebih memahami keputusan konsumen dalam membeli suatu produk. Kata Kunci : Karakteristik Konsumen, Keputusan Konsumen, Analisis Regresi Model Logit.
URI: http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/3696
Appears in Collections:UT - Agribusiness

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
S1_PERTANIAN_AGRIBISNIS_21701032058_ADI PUTRA PRATAMA.pdf1.46 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.