Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/379
Title: Pendidikan Islam bagi Remaja SLTP dalam Keluarga Pedagang di Rukun Warga 02 Kelurahan Merjosari Kota Malang
Authors: Sholihuddin, Ahmad Misbah
Keywords: Pendidikan Agama Islam
Siswa SLTP (Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama)
Keluarga Pedagang
Issue Date: 11-Aug-2020
Publisher: Universitas Islam Malang
Abstract: Pendidikan Agama Islam dapat diartikan sebagai suatu pembelajaran yang dilakukan oleh seseorang atau suatu lembaga pendidikan yang memberikan materi mengenai Agama Islam kepada orang yang ingin mengetahui dan ingin mempelajarinya, baik dari segi materi maupun praktik yang dapat dilakukan dalam kehidupan sehari-hari. Tujuan penelitian ini Untuk mendeskripsikan bagaiamana pelaksanaan Pendidikan membaca Al-Qur’an bagi remaja SLTP dalam keluarga pedagang di Rukun Warga 02 Kelurahan Merjosari, Untuk mendeskripsikan bagaimana pelaksanaan Pendidikan sholat wajib bagi remaja SLTP dalam keluarga pedagang di Rukun Warga 02 Kelurahan Merjosari, Utuk mendeskripsikan Keberhasilan yang diperoleh keluarga pedagang dalam pelaksanaan Pendidikan membaca AlQur’an bagi remaja SLTP di Rukun Warga 02 Kelurahan Merjosari, Untuk mendeskripsikan Keberhasilan yang diperoleh keluarga pedagang dalam pelaksanaan Pendidikan sholat wajib bagi remaja SLTP di Rukun Warga 02 Kelurahan Merjosari, Untuk mendeskripsikan kendala yang dihadapi keluarga pedagang dalam pelaksanaan Pendidikan membaca Al-Qur’an bagi remaja SLTP dalam keluarga pedagang di Rukun Warga 02 Kelurahan Merjosari, Untuk mendeskripsikan kendala yang dihadapi keluarga pedagang dalam pelaksanaan Pendidikan sholat wajib bagi remaja SLTP dalam keluarga pedagang di Rukun Warga 02 Kelurahan Merjosari. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Sedangkan jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kualitatif deskriptif. Data yang diperoleh berasal dari observasi, wawancara dan dokumentasi. Dalam hal ini peneliti berperan sebagai partisipan sepenuhnya atau instrumen sepenuhnya, dimana peneliti merupakan perencana, pelaksana, pengumpul data, penganalisis, penafsir data, dan kesimpulan akhir penelitian serta melaporkan hasil penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan Islam bagi pelajar SLTP dalam keluarga pedagang di rukun warga 02 kelurahan Merjosari Malang dinilai vii sangat baik, karena dalam pelaksanaannya keluarga sangat berperan untuk memberikan pembelajaran membaca Al-Qur’an dan pendidikan sholat wajib anakanaknya, salah satunya dengan memberikan pembelajaran yang baik, mengikut sertakan anak-anaknya dalam kegiatan keagamaan, menanamkan dalam diri anak akan pentingnya pendidikan Islam, dengan harapan anak didik bisa mengamalkan dalam kehidupan sehari-hari terutama di lingkungan sekitar yang ditinggali. Kata Kunci: Pendidikan Islam, Remaja SLTP, Keluarga Pedagang
URI: http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/379
Appears in Collections:UT - Islamic Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
S1_FAI_21601011182_AHMAD MISBAH SHOLIHUDDIN.pdfCOVER - ABSTRAK - BAB PENDAHULUAN - BAB PENUTUP - DAFTAR PUSTAKA1.7 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.