Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/3912
Title: Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Ditinjau dari Minat Belajar pada Soal-soal Open Ended Materi Peluang Peserta Didik Kelas VIII SMPN Satu Atap 1 Seruyan Raya Kalimantan Tengah
Authors: Paramita, Yuli
Keywords: Pendidikan Matematika
Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis
Minat Belajar
Soal-soal Open Ended
Issue Date: 18-Dec-2021
Publisher: Universitas Islam Malang
Abstract: Kemampuan berpikir kreatif matematis merupakan kemampuan peserta didik untuk menemukan dan mengungkapkan ide atau gagasan baru dalam menyelesaikan permasalahan matematika. Kemampuan berpikir kreatif matematis sangat penting dan harus dimiliki setiap peserta didik, hal tersebut akan mempermudah peserta didik dalam melaksanakan pembelajaran matematika di sekolah. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi kemampuan berpikir kreatif matematis peserta didik, salah satunya minat belajar. Minat belajar merupakan sikap yang menunjukkan keinginan, ketertarikan, dan kemauan seseorang dalam melaksanakan pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah: 1) untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir kreatif matematis peserta didik ditinjau dari minat belajar kategori tinggi pada soal-soal open ended materi peluang peserta didik kelas VIII SMPN Satu Atap 1 Seruyan Raya, 2) untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir kreatif matematis peserta didik ditinjau dari minat belajar kategori sedang pada soal-soal open ended materi peluang peserta didik kelas VIII SMPN Satu Atap 1 Seruyan Raya, dan 3) untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir kreatif matematis peserta didik ditinjau dari minat belajar kategori rendah pada soal-soal open ended materi peluang peserta didik kelas VIII SMPN Satu Atap 1 Seruyan Raya. Pendekatan yang digunakan yaitu pendekatan kualitatif, dengan jenis penelitian deskriptif. Sumber data pada penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII SMPN Satu Atap 1 Seruyan Raya yang berjumlah 31 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, tes, dan wawancara. Instrumen pengumpulan data menggunakan pedoman angket, soal tes, dan pedoman wawancara. Pengujian keabsahan data menggunakan triangulasi teknik yaitu membanding data hasil tes dengan hasil wawancara dan diketahui semua datanya absah (valid). Subjek penelitian pada penelitian ini berjumlah 3 peserta didik yang dipilih berdasarkan hasil angket minat belajar dengan masing-masing satu subjek untuk kategori tinggi, sedang, dan rendah. Berdasarkan hasil analisis data pada penelitian ini, diperoleh kesimpulan yaitu sebagai berikut: 1) kemampuan berpikir kreatif matematis subjek ke-1 (JS) yang memiliki minat belajar tinggi dikategorikan kreatif karena berdasarkan hasil tes pada soal-soal open ended materi peluang, subjek JS memperoleh skor 76 dan berada pada rentang skor 76%, 2) kemampuan berpikir kreatif matematis subjek ke-2 (SAW) yang memiliki minat belajar sedang dikategorikan cukup kreatif karena berdasarkan hasil tes pada soal-soal open ended materi peluang, subjek SAW memperoleh skor 53 dan berada pada rentang skor 53%, 3) kemampuan berpikir kreatif matematis subjek ke-3 (HA) yang memiliki minat belajar rendah dikategorikan tidak kreatif karena berdasarkan hasil tes pada soal-soal open ended materi peluang, subjek HA memperoleh skor 31 dan berada pada rentang skor 31%. Kata Kunci: Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis, Minat Belajar, Soal-soal Open Ended
URI: http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/3912
Appears in Collections:UT - Mathematic Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
S1_FKIP_PENDIDIKAN MATEMATIKA_21701072025_YULI PARAMITA.pdfPublish1.34 MBAdobe PDFView/Open
S1_FKIP_21701072025_YULI PARAMITA.pdf
  Restricted Access
Fulltext3.12 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.