Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/3997
Title: Analisis Perangkat Pembelajaran Keterampilan Menulis Teks Deskripsi Anak Tunagrahita Kelas IX Pada Masa Pandemi Covid -19 di SLB Widya Shantika Malang
Authors: Amaliah, Husnul
Keywords: Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Analisis
Perangkat Pembelajaran
Keterampilan Menulis
Issue Date: 19-Mar-2022
Publisher: Universitas Islam Malang
Abstract: Hubungan antara pendidikan dan pembelajaran sangatlah erat dan saling berkesinambungan yang artinya bahwa pendidikan merupakan tujuan akhir dari kesempurnaan untuk itu harus ada program yang terstruktur yang disebut kurikulum.Adapun bentuk – bentuk perangkat pembelajaran yaitu, silabus, RPP, LKS, buku peserta didik, media pembelajaran, dan penilaian perangkat pembelajaran.Adapun tujuan dalam peneliti mengambil judul ini yaitu untuk analisis perangkat pembelajaran, bahan pembelajaran, media pembelajaran, dan penilaian perangkat pembelajaran. Pada penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif .Peneliti menggunakan pendekatan kualitatif karena hasil dari data penelitian yang diambil berupa uraian – uraian yang dijelaskan oleh guru tentang perangkat pembelajaran dan media pembelajaran yang berkaitan dengan ketetampilam menulis teks deskripsi.Jenis penelitian ini adalah naratif. Penelitian naratif yaitupenelitian yang menafsirkan sebuah narasi dari temunan – temuan peneliti ini dari kejadian sebenarnya dan para peserta didik saat pembelajaran keterampilan menulis teks deskripsi yang digunakan di SLB Widya Shantika Malang. Penelitian berlokasi di SLB Widya Shantika yang berlokasi di Jalan Raya Diponegoro No 33 Karang Juwet Karang Ploso Malang Jawa Timur.Sumber data dalam penelitian ini bersumber dari guru yang mengajar di SLB Widya Shantika Malang.Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan teknik wawancara, dokumentasi dan peneliti terjun lansung ke tempat pengambilan data. Hasil penelitian ini sesuai dengan fokus penelitian dengan menganalisis penilaian perangkat pembelajaran, bahan pembelajaran, media pembelajaran, teknik penilaian. Perangkat pembelajaran di kelas IX SLB Widya Shantika malang disesuaikan dengan penyederhanaan akibat pandemi covid -19 dan keterbatasan siswa tunagrahita di kelas IX. Bahan pembelajaran seperti tema yang mengandung unsur keterampilan menulis menggunakan tema 1 “Rumah Sakit” dimana siswa akan menulis dan mendeskripsiskan tentang rumah sakit dan sekitarnya sehingga siswa dapat mengenal berbagai macam tentang rumah sakit. Media pembelajaran yang digunakan di SLB Widya Shantika Malang media visual dan audiovisual dimana guru menjelaskan dan menunjukan gambar yang berkaitan dengan rumah sakit dan siswa menulis dan mendeskripsikan pada gambar tersebut.Penilaian dalam perangkat pembelajaran yakni penilaian sikap,penilaian pengetahuan, dan penilaian keterampilan.Penilaian sikap sendiri terbagi menjadi tiga pokok yaitu percaya diri, bertanggung jawab, dan disiplin. Penilaian pengetahuan yang ambil untuk diteliti ada dua pokok tes tulis,dan lisan untuk mengetahui seberapa paham dan mengerti siswa kelas IX di SLB Widya Shantika.Penilaian keterampilan seberapa kreatif peserta didik dalam proses pembelajaran dan metode keterampilan ini dapat merangsang motorik siswa Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa untuk analisis perangkat pembelajaran, bahan pembelajaran, media pembelajaran, dan penilaian perangkat pembelajaran ini sudah sesuai dengan data penelitian yang diambil oleh peneliti teserbut di SLB Widya Shantika.Perangkat pembelajaran di sekolah ini di rancang sudah sesuai dengan kemapuan anak tunagrahita kelas IX di SLB Widya Shantika. Bahan pembelajaran di sekolah ini di kemas khusus untuk anak tunagrahita sehingga saat pembelajaran tidak akan merasakan kesulitan. Kata Kunci: Analisis, Perangkat Pembelajaran, Keterampilan Menulis
URI: http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/3997
Appears in Collections:UT - Indonesian Language Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
S1_FKIP_21701071049_HUSNUL AMALIAH.pdf1.78 MBAdobe PDFView/Open
Fulltext S1_FKIP_21701071049_HUSNUL AMALIAH.pdf
  Restricted Access
3.45 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.