Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/4261
Title: Pengaruh Model Pembelajaran “SAVI (Somatic, Auditory, Visual, Intellectual)” terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran PAI Kelas XI MIPA di SMA Islam Al Maarif Singosari
Authors: Azizah, Hesty Hyldania
Keywords: Pendidikan Agama Islam
Model Pembelajaran SAVI
Hasil Belajar
Issue Date: 4-Jun-2022
Publisher: Universitas Islam Malang
Abstract: Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena bahwa dalam pembelajaran PAI, siswa masih banyak yang tidak memperhatikan guru ketika menjelaskan, bermalas-malasan, bahkan tidur didalam kelas. Hal ini terjadi karena pemilihan model pembelajaran yang kurang efektif dan meletakkan guru menjadi sumber informasi sehingga siswa tidak berperan aktif dalam proses pembelajaran. Oleh karena itu, dibutuhkan model pembelajaran yang membuat siswa berperan aktif diantaranya adalah model pembelajaran SAVI. Model pembelajaran SAVI adalah model pembelajaran yang melibatkan seluruh indra peserta didik dalam melaksanakan proses pembelajaran. Somatic belajar dengan praktik, auditory belajar dengan mendengarkan, visual belajar dengan menagamati, intellectual belajar denfan berpikir dalam memecahkan masalah. Pemanfaatan seluruh indra dilakukan sebanyak mungkin dan melibatkan seluruh tubuh serta pikiran ikut terlibat dalam proses belajar. Dari latar belakang penelitian diatas maka tujuan penelitian ini yaitu 1) Untuk mendeskripsikan hasil belajar siswa mata pelajaran PAI di kelas XI MIPA setelah menggunakan model pembelajaran “SAVI (Somatic, Auditory, Visual, Intellectual)” di SMA Islam Al Maarif Singosari. 2) Untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran SAVI (Somatic, Auditory, Visual, Intellectual) terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI kelas XI MIPA di SMA Islam Al Maarif Singosari. Metode penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian kuantitatif dengan menggunakan bentuk eksperimen semu atau quasi eksperimental. Populasi yang digunakan sebanyak 81 siswa yang terdiri dari kelas XI MIPA 1, XI MIPA 2, dan XI MIPA 3. Sampel penelitian sebanyak 54 siswa yang terdiri dari 27 siswa kelas eksperimen dan 27 siswa kelas kontrol yang diperoleh dengan teknik simple random sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah perangkat pembelajaran, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu paired sample t tes dengan bantuan SPSS versi 20 for windows. Berdasarkan hasil penelitian maka diketahui 1) Pembelajaran setelah menggunakan model pembelajaran SAVI pada kelas eksperimen memperoleh nilai rata-rata sebesar 84,30. Hasil tersebut lebih baik dibandingkan kelas kontrol yang masih menggunakan model pembelajaran konvensional dengan nilai rata-rata sebesar 69,63. 2) Ada pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran SAVI (Somatic, Auditory, Visual, Intellectual) terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI pada materi ekonomi Islam kelas XI MIPA di SMA Islam Al-Maarif Singosari tahun ajaran 2021-2022. Hal ini dibuktikan dengan hasil uji hipotesis dengan uji paired sample t tes menunjukkan bahwa nilai sig (2-tailed) lebih kecil dari 0,05 yaitu sebesar 0,000 (0,000 < 0,05). Peneliti juga bermaksud untuk memberikan saran kepada beberapa pihak yang terkait, yaitu: 1) Penelitian ini dapat dijadikan sebagai masukan kepada kepala sekolah SMA Islam Al-Maarif Singosari untuk sebagai pertimbangan dalam meningkatkan kualitas pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran yang bervariasi salah satunya model pembelajaran SAVI. 2) Bagi guru PAI di SMA Islam Al-Maarif Singosari penelitian ini dapat dijadikan sebuah referensi untuk membangun semangat belajar siswa di kelas. 3) Penelitian ini diharapkan dapat terus dikembangkan lagi bagi peneliti selanjutnya dengan instrument yang lebih menarik dan dengan variabel serta sampel yang berbeda. Kata Kunci : Model Pembelajaran SAVI, Hasil Belajar, Pendidikan Agama Islam
URI: http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/4261
Appears in Collections:UT - Islamic Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
S1_FAI_21801011008_HESTY HYLDANIA AZIZAH.pdfPublish1.62 MBAdobe PDFView/Open
Fulltext_S1_FAI_21801011008_HESTY HYLDANIA AZIZAH.pdf
  Restricted Access
Fulltext3.14 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.