Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/4462
Title: Strategi Guru dalam Menyelesaikan Permasalahan Membaca Kurang Lancar di Madrasah Ibtidaiyah Nahdlatul Ulama Sumberpasir Pakis Malang (Studi Kasus di kelas 3 MINU Sumberpasir Pakis Malang)
Authors: Maskana, Khoirotul
Keywords: Pendidikan Agama Islam
Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Permasalahan
Faktor Penyebab
Strategi Guru
Dampak Strategi Guru
Issue Date: 16-Jun-2022
Publisher: Universitas Islam Malang
Abstract: Membaca merupakan kunci utama dalam proses pembelajaran tanpa adanya kemampuan membaca pada diri peserta didik dapat mempengaruhi proses pembelajaran yang berlangsung. Permasalahan dalam pembelajaran sangat beragam salah satu permasalahan yang sering muncul adalah membaca kurang lancar yang di alami beberapa siswa yang terdapat di kelas 3 Madrasah Ibtidaiyah Nahdlatul Ulama Sumberpasir Pakis Malang ini. Untuk menyelesaikan permasalahan tersebut guru membuat beberapa strategi dalam pembelajaran yang bertujuan agar siswa yang kurang lancar membaca memiliki kemampuan membaca yang lancar dan dapat menerima pembelajaran dengan baik. Strategi guru dalam menyelesaikan permasalahan kurang lancar dalam membaca yaitu guru menggunakan strategi pembimbingan terhadap siswa yang kurang lancar dalam membaca, yang dilakukan pada saat jam pembelajaran strategi ini bertujuan agar siswa yang belum memiliki kemampuan lancar membaca mampu membaca dengan benar dan siswa yang sudah memiliki kemampuan dalam membaca diberi tugas oleh guru agar tidak menimbulkan kecemburuan sosial antar siswa. Strategi yang kedua yaitu strategi baca simak yang mana guru menunujuk salah satu siswa untuk membaca dan yang lain menyimaknya. Tujuan strategi ini dilakukan agar siswa memiliki kemampuan membaca dengan benar dan memiliki sikap percaya diri. Strategi yang ke tiga adalah menggunakan bantuan media audio visual dalam pembelajaran. Dengan adanya bantuan audio visual membuat ketertarikan bagi anak dalam mengikuti pembelajaran dan guru lebih mudah menyampaikan pembelajaran. Dari beberapa strategi yang dilakukan ada dampak yang di peroleh bertujuan untuk peningkatan kelancaran membaca siswa kelas 3. Dampak tersebut adalah tumbuhnya rasa percaya diri anak yang mana mereka sudah tidak malu lagi apabila ditunjuk untuk membaca karena adanya bimbingan dari guru. Dampak yang kedua adalah perkembangan kelancaran dalam membaca bertambah baik ada beberapa siswa yang kurang lancar dalam membaca mampu membaca tanpa terbata-bata intonasi yang benar. Dan dampak dari strategi yang ke tiga yaitu siswa lebih mudah dalam mengingat pembelajaran serta siswa yang kurang lancar dalam membaca memiliki semangat belajar dengan adanya bantuan media audio visual. Pendekatan yang dilakukan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif yang mengambil data dari kejadian di lapangan berupa wawancara, observasi dan dokumentasi. Beberapa strategi yang diterapkan oleh guru berdampak pada kelancaran membaca siswa. Kata Kunci : Permasalahan, Faktor Penyebab, Strategi Guru, Dampak Strategi Guru.
URI: http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/4462
Appears in Collections:UT - Madrasah Ibtidaiyah Teacher Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
S1_FAI_21801013027_KHOIROTUL MASKANA.pdfPublish3.12 MBAdobe PDFView/Open
FULLTEXT S1_FAI_21801013010_KHOIROTUL MASKANA.pdf
  Restricted Access
Fulltext1.93 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.