Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/4494
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorAranggere, Wahdina Salim-
dc.date.accessioned2022-08-01T04:09:07Z-
dc.date.available2022-08-01T04:09:07Z-
dc.date.issued2022-06-18-
dc.identifier.urihttp://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/4494-
dc.description.abstractMerdeka belajar merupakan program yang dicanangkan Menteri Nadiem Makarim. Dalam program ini terdapat empat kebijakan baru yang dibuat yaitu USBN diganti Ujian (Asesmen), UN dihapus, RPP dipersingkat dan PPDB Zonasi sehingga siswa dan guru diberikan kebebasan berinovasi dan bertindak dalam proses pembelajaran secara mandiri. Di sisi lain, karena masih program baru dalam mengimplementasikannya membutuhkan berbagai macam masukan, terutama pada pembelajaran Aqidah Akhlak. Oleh karena itu bagaimana implementasi merdeka belajar dalam pembelajaran Aqidah Akhlak dalam meningkatkan kreativitas peserta didik. Fokus penelitian yang dilakukan dalam penelitian ini yaitu bagaimana perencanaan program merdeka belajar pada pembelajaran Aqidah Akhlak dalam mengembangkan kreativitas peserta didik, bagaimana pelaksanaan program merdeka belajar pada pembelajaran Aqidah Akhlak dalam mengembangkan kreativitas peserta didik, dan bagaimana evaluasi program merdeka belajar pada pembelajaran Aqidah Akhlak dalam mengembangkan kreativitas peserta didik di MTs Hidayatul Mubtadi’in Tasikmadu Malang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perencanaan, pelaksanaa dan evaluasi program merdeka belajar pada pembelajaran Aqidah Akhlak dalam mengembangkan kreativitas peserta didik di MTs Hidayatul Mubtadi’in Tasikmadu Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitiannya adalah study kasus. Data-data yang diperoleh oleh peneliti dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi di MTs Hidayatul Mubtadi’in Tasikmadu Malang. Kemudian metode analisis yang digunakan ialah analisis deskriptif kualitatif, dan teknik analisis data meliputi kondensasi data, penyajian data dan pengambilan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan menggunakan ketekunan pengamatan, triangulasi, pengecekan sejawat dan menggunakan beberapa bahan refrensi. Hasil dari penelitian ini yaitu bahwa implementasi program merdeka belajar pada pembelajaran Aqidah Akhlak dalam mengembangkan kreativitas peserta didik ini, terdiri dari perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Pertama perencanaan, guru diwajibkan untuk membuat RPP satu lembar sebelum pembelajaran berlangsung. Kedua pelaksanaan, pada pembelajaran berlangung guru memberikan motivasi, guru memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mendiskusikan, mengumpulkan informasi, dan saling bertukar informasi sesuai materi, dll. Selain itu peserta didik juga dibiasakan mengikuti program pengembangan Budaya Religius. Ketiga evaluasi, evaluasi dilakukan dengan penilaian tes dan non tes, mencakup penilaian kognitif, afektif dan psikomotorik. Kata Kunci: Implementasi, Merdeka Belajar, Pembelajaran, Kreativitas  en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherUniversitas Islam Malangen_US
dc.subjectPendidikan Agama Islamen_US
dc.subjectImplementasien_US
dc.subjectMerdeka Belajaren_US
dc.subjectPembelajaranen_US
dc.subjectKreativitasen_US
dc.titleImplementasi Program Merdeka Belajar Pada Pembelajaran Aqidah Akhlak dalam Mengembangkan Kreativitas Peserta Didik di MTs Hidayatul Mubtadi;in Tasikmadu Malangen_US
dc.typeOtheren_US
Appears in Collections:UT - Islamic Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
S1_FAI_21801011033_WAHDINA SALIM ARANGGERE.pdfPublish1.59 MBAdobe PDFView/Open
FULLTEXT S1_FAI_21801011033_WAHDINA SALIM ARANGGERE.pdf
  Restricted Access
Fulltext1.4 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.