Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/4590
Title: Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Jigsaw pada Mata Pelajaran PAI di Kelas VII-I Putri SMP IT Asy-Syadzili Pakis Malang
Authors: Faiqoh, Lailatil
Keywords: Pendidikan Agama Islam
Peningkatan
Motivasi Belajar
Cooperative Learning
Issue Date: 14-Jul-2022
Publisher: Universitas Islam Malang
Abstract: Skripsi ini membahas Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Jigsaw Pada Mata Pelajaran PAI di Kelas VII-I Putri SMP IT Asy-Syadzili Pakis. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui proses pembelajaran menggunakan model Jigsaw dan peningkatan motivasi belajar siswa setelah diterapkannya model pembelajaran ini. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas dengan subjek penelitian siswa kelas VII-Putri dan objek penelitiannya adalah metode Jigsaw. Tingkat motivasi diperoleh dari observasi, angket yang dibagikan dan juga wawancara. Penelitian ini menggunakan model siklus yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model Jigsaw dapat meningkatkan motivasi belajar siswa. Peningkatan motivasi belajar dari Prasiklus, Siklus I, dan Siklus II dengan presentase Pra siklus 46,42%, siklus I 75%, dan Siklus II 96,42%. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Jigsaw dalam peningkatan motivasi belajar siswa dikatakan berhasil. Kata Kunci : Peningkatan, Motivasi Belajar, Cooperative Learning
URI: http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/4590
Appears in Collections:UT - Islamic Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
S1_FAI_21801011068_LAILATIL FAIQOH.pdfPublish2.1 MBAdobe PDFView/Open
FULLTEXT S1_FAI_21801011068_LAILATIL FAIQOH.pdf
  Restricted Access
Fulltext1.68 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.