Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/4595
Title: Peran Pendidikan Non Formal dalam Meningkatkan Pemahaman Keagamaan Umat (Studi Kasus Mushola Jaami’atus Salam, Desa Trimulya, Kec. Mukok, Kab. Sanggau, Prov. Kalimantan Barat)
Authors: Amanu, Imam
Keywords: Pendidikan Agama Islam
Peran
Pendidikan Non Formal
Pemahaman Keagamaan
Issue Date: 11-Jul-2022
Publisher: Universitas Islam Malang
Abstract: Pendidikan non formal merupakan sebuah aktivitas belajar di luar sistem persekolahan, namun tetap di lakukan secara terorganisir atau terstruktur. Pendidikan tersebut berlangsung dimana saja, kapan saja dan dengan siapa saja. Sejarah Islam pada masa awal menjadikan masjid sebagai lembaga pendidikan utama, inilah yang di lakukan Rasulullah di Masjid Nabawi. Di masjid tersebut, Rasulullah mendidik umat Islam dari segala umur dan jenis kelamin, dewasa, remaja, anak anak, baik laki-laki dan perempuan. Hal tersebut menunjukan begitu besarnya peran pendidikan non formal dalam membangun peradaban umat. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan bagaimana peran pendidikan non formal dalam meningkatkan pemahaman keagamaan umat di Desa Trimulya, dengan tiga fokus penelitian yakni; pertama, bagaimana konsep pendidikan non formal dalam meningkatkan pemahaman keagamaan umat, kedua, bagaimana strategi pendidikan non formal dalam meningkatkan pemahaman keagamaan umat, ketiga, bagaimana hasil pendidikan non formal dalam meningkatkan opemahaman keagamaan umat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Prosedur pengumpulan data yaitu dengan menggunakan metode observasi dan wawancara. Menganilisis data menggunakan teknik analisis reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan, pengecekan keabsahan data. Kesimpulan penelitian ini menunjukan bahwa konsep pendidikan non formal dalam meningkatkan pemahaman keagamaan umat adalah sebagai pengembang pendidikan formal, perubahan sosial umat, control sosial masyarakat, dan wadah menumbuhkan ukhuwah. Strategi pendidikan non formal dalam meningkatkan pemahaman keagamaan umat adalah doktrinasi, menjalin kedekatan dengan santri dan jama’ah, tidak ada biaya apapun, dan mengajarkan kesenian Islami. Sedangkan hasil dari pendidikan non formal Mushola Jaami’atus Salam adalah meningkatnya religiusitas sholat berjama’ah, mengurangi buta huruf baca tulis Al-Qur’an, meningkatnya tingkat beramal warga, meningkatnya wanita yang menutup aurat, meningkatnya jumlah alumni yang melanjutkan pendidikan ke pesantren, meningkatnya jumlah santri dan jama’ah setiap tahunnya, meningkatnya pemahaman keagamaan dalam bidang fiqih dan meningkatnya kecintaan masyarakat terhadap kesenian Islami. Kata Kunci : Peran, Pendidikan Non Formal dan Pemahaman Keagamaan
URI: http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/4595
Appears in Collections:UT - Islamic Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
S1_FAI_21801011089_IMAM AMANU.pdfPublish1.96 MBAdobe PDFView/Open
FULLTEXT S1_FAI_21801011089_IMAM AMANU.pdf
  Restricted Access
Fulltext2.36 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.