Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/4627
Title: Implementasi Pendekatan Saintifik dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA An-Nur Bululawang
Authors: Rajabi, Abdul Hakim
Keywords: Pendidikan Agama Islam
Implementasi
Pendekatan Saintifik
Issue Date: 4-Jul-2022
Publisher: Universitas Islam Malang
Abstract: Pendekatan saintifik adalah suatu pembelajaran yang mendorong siswa lebih mampu dalam mengamati, menanya, mencoba, mengasosiasikan dan mengkomunikasikan. Salah satu ciri dari kurikulum 2013 adalah melakukan proses pembelajaran diarahkan untuk memberdayakansemua potensi yang dimiliki peserta didik agar mereka dapat memiliki pengetahuan yang diharapkan. Permasaalahan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) Bagaimana Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA An-Nur Bululawang, (2) Bagaimana Implementasi Pendekatan Saintifik Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA An-Nur Bululawang (3) Apa Kendala Guru Dalam Mengimplementasikan Pendekatan Saintifik Dalam Pembelajaran di SMA An-Nur Bululawang. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah, Waka Kurikulum, dan Guru PAI. Metode penelitian menggunakan penelitian kualitatif. Pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian menunujukan bahwa: (1) Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA An-Nur Bululawang berjalan dengan baik dan sudah merujuk pada pembelajaran kurikulum 2013. Sebelum melaksanakan pembelajaran guru menyiapkan perangkat pembelajaran meliputi kalender pendidikan, silabus, promes, prota, rencana pelaksanaan pembelaran (RPP), instrumen penilaian dan media pembelajaran semua itu dipersiapkan guru sebagai acuan dalam pelaksanaan kegiatan belajar mengajar di dalam kelas. (2) Implementasi pendekatan saintifik dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA An-Nur BULULAWANG sudah terlaksana sesuai dengan ketentuan kurikulum 2013 namun belum sempurna. Melalui tiga kegiatan pokok pembelajaran meliputi kegiatan awal, kegiatan inti, dan kegiatan penutup. Dalam proses pembelajaran memalui beberapa tahapan meliputi: Mengamati, Menanya, Mencoba, Menalar dan Mengkomunikasikan. (3) Dalam mengimplementasikan pendekatan saintifik dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA An-Nur Bululawang guru mendapatkan kendala dalam pelaksanaanya yang meliputi faktor internal dan eksternal. Kata Kunci: Implementasi, Pendekatan Saintifik, Pendidikan Agama Islam
URI: http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/4627
Appears in Collections:UT - Islamic Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
S1_FAI_21801011207_ABDUL HAKIM RAJABI.pdfPublish1.75 MBAdobe PDFView/Open
FULLTEXT S1_FAI_21801011207 _ABDUL HAKIM RAJABI.pdf
  Restricted Access
Fulltext1.09 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.