Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/4696
Title: Strategi Guru dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di MTs Negeri Batu
Authors: Setyowati, Anis
Keywords: Pendidikan Agama Islam
Strategi
Pembelajaran
Era Milenial
MTs Negeri Batu
Issue Date: 15-Jul-2022
Publisher: Universitas Islam Malang
Abstract: Strategi pembelajaran merupakan sebuah perencanaan tindakan tentang serangkaian kegiatan yang direncanakan secara khusus dari metode manapun pemanfaatan dari beberapa sumber daya yang dimaksud untuk mencapai tujuan dalam pendidikan tertentu. Dalam pendidikan formal, dapat diketahui bahwa guru sebagai pelaksanaanya harus dapat melaksanaan berbagai program pendidikan dengan sebaik-baiknya. Maka, dari itu, untuk mencapai tujuan dalam pendidikan tersebut, guru di harapkan memiliki strategi pembelajaran yang yang menyenangkan dan tidak membosankan bagi peserta didik agar dapat belajar dengan lebih bersemangat dan dilakukan secara maksimal. Kurangnya peningkatan kualitas pembelajaran seringkali disebabkan oleh ketidakjelasan dalam pengelolaan kualitas pembelajaran, seperti pengelolaan tempat belajar, pengelolaan siswa, cara mengaktifkannya dalam proses belajar mengajar, pengelolaan isi atau materi pembelajaran, dan pengelolaan sumber belajar tengah. Oleh karena itu, di butuhkan sebuah strategi dari guru yang mengajar yakni bagaimana merancang sebuah pembelajaran dalam meningkatkan mutu pembelajaran Pendidikan Agama Islam di era milenial ini terutama di MTs Negeri Batu. Strategi Guru dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di MTs Negeri Batu menggunakan strategi pembelajaran yang bagus, MTs Negeri Batu sudah di lengakapi dengan fasilitas laboratorium komputer yang digunakan untuk para siswa secara bergantian sesuai jadwal pelajarannya, menggunakan metode seperti tugas proyek, dimana siswa harus melakukan riset atau eksperimen dan tak jarang harus langsung terjun ke lapangan untuk melakukan pengamatan. Peserta didik di biasakan untuk membaca Al-Quran sebelum KBM berlangsung dan melakukan sholat dhuha, dhuhur secara berjamaah, dan mencipatakan akhlakul karimah. Dengan adanya strategi khusus dalam meningkatkan pembelajaran, diharapkan dapat memajukan kualitas pemahaman siswa terhadap materi pelajaran yang disampaikan secara kognitif, efektif, dan psikomotif. Sehingga pada saat siswa telah selesai menempuh pendidikannya di MTs Negeri Batu mempunyai akhlak yang baik sesuai harapan dan melakukan hal hal yang sudah dibiasakan ketika sekolah seperti sholat dhuha, dhuhur berjamaah, dan membaca Al-Quran. Dari Pemaparan diatas peneliti mengangkat judul penelitian yaitu “Strategi Guru dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Agama Islam di Era Milenial (Studi kasus di MTs Negeri Batu)”. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, dan evaluasi pembelajaran Pendidikan Agama Islam di MTs Negeri Batu. Dalam penelitian ini peneliti bertindak sebagai instrumen sekaligus pengumpulan data. Kata Kunci: Strategi, Pembelajaran, Pendidikan Agama Islam, Era Milenial, MTs Negeri Batu.
URI: http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/4696
Appears in Collections:UT - Islamic Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
S1_FAKULTAS AGAMA ISLAM_21801011124_ANIS SETYOWATI.pdfPublish1.83 MBAdobe PDFView/Open
FULLTEXT S1_FAI_21801011124_ANIS SETYOWATI.pdf
  Restricted Access
Fulltext3.74 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.