Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/4750
Title: Analisis Pendapatan dan Pemasaran Jeruk Siam di Desa Selorejo Kecamatan Dau Kabupaten Malang
Authors: Elvianti, Riski Dwi
Keywords: Pertanian
Agribisnis
Pendapatan dan Pemasaran
Jeruk Siam
Analisis
Issue Date: 5-Feb-2022
Publisher: Universitas Islam Malang
Abstract: Jeruk merupakan salah satu jenis hortikultura yang mempunyai nilai ekonomi dan permintaan pasar yang tinggi. Selain itu, jeruk merupakan komoditas unggulan, karena mempunyai sebaran tanam yang luas dan memiliki citarasa, aroma, kesegaran dan sumber vitamin bagi tubuh, sehingga buah jeruk sangat digemari dan telah menjadi buah favorit keluarga. Hal tersebut yang menyebabkan masyarakat tertarik untuk budidaya jeruk siam. Pengembangan usahatani adalah meningkatkan pendapatan petani dalam melakukan kegiatan usahatani tersebut, pada dasarnya petani membandingkan antara hasil yang diharapkan pada waktu panen (penerimaan, revenue) dengan biaya (cost) yang harus dikeluarkan. Tingkat produksi akan mempengaruhi jumlah pendapatan petani, sehingga untuk mengoptimalkan produksi dan menstabilkan pendapatannya petani harus menciptakan kondisi yang optimal. Akan tetapi, pada kenyataannya budidaya jeruk siam membutuhkan modal yang cukup besar untuk biaya pemeliharaan dan proses pemasaran yang melibatkan banyaknya lembaga pemasaran mempengaruhi perbedaan harga yang diterima petani dengan harga yang dibayarkan oleh konsumen. Tujuan dilaksanakan penelitian ini adalah 1) Menganalisis efesiensi usahatani jeruk siam di Desa Selorejo Kecamatan Dau Kabupaten Malang. 2) Menganalisis saluran pemasaran dan margin pemasaran usahatani jeruk siam di Desa Selorejo Kecamatan Dau Kabupaten Malang. 3) Menganalisis efesiensi pemasaran jeruk siam di Desa Selorejo Kecamatan Dau Kabupaten Malang. Penelitian dilakukan pada 1 Juli-10 Agustus 2021. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif. Pengambilan sampel menggunakan metode random sampling atau acak sederhana. Sedangkan dalam menentukan responden lembaga pemasaran mengunakan metode snow ball sampling yaitu teknik pengambilan sampel berdasarkan wawancara atau korespondensi. Jumlah petani sampel yaitu sebanyak 40 petani jeruk siam. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh 1) Penerimaan usahatani jeruk siam sebesar Rp 36.780.641/Ha dalam satu kali musim panen. Rata-rata total biaya usahatani jeruk siam sebesar Rp 6.192.278, sedangkan rata-rata pendapatan sebesar Rp 30.588.363/Ha dalam satu kali musim panen. Pada usahatani jeruk siam didapatkan R/C ratio sebesar 5,94 artinya bahwa setiap mengeluarkan biaya Rp 1, akan menghasilkan penerimaan sebesar Rp 5,94. R/C Ratio ini menjelaskan bahwa usahatani jeruk siam di Desa Selorejo Kecamatan Dau layak untuk diusahakan. 2) Margin pemasaran I sebesar Rp. 3.441 dan margin pemasaran II sebesar Rp. 2.722. Share petani saluran pemasaran I sebesar 63,41%%, sedangkan share petani saluran pemasaran II sebesar 69,55%. Nilai /c saluran I untuk tengkulak 14,93%, pedagang besar sebesar 14,24%, dan pedagang pengecer sebesar 16,50%. Nilai /c saluran II untuk pedagang besar 11,87%, dan pedagang pengecer 1703%. 3) Saluran pemasaran jeruk siam yang paling efisien adalah saluran pemasaran II. Hal tersebut dapat dilihat dari nilai marginnya yang kecil pada saluran pemasaran II yaitu sebesar Rp. 2.722 dibandingkan dengan pada saluran I yaitu sebesar Rp. 3.441. Saran yang dapat diberikan yaitu 1) usahatani jeruk siam di Desa Selorejo Kecamatan Dau sudah efisien sehingga perlu dipertahankan agar usahatani jeruk siam tetap efisien dan tidak merugikan. Pemerintah hendaknya memberikan perhatian pada usahatani jeruk siam seperti pembagian pupuk subsidi yang merata mengingat potensi yang dimiliki diwilayahnya dan hasil dari usahatani jeruk dapat meningkatkan pendapatan rumah tangga petani. 2) Perlunya informasi pasar pada petani untuk melepas ketergantungan dari satu tengkulak, dengan cara menjual hasil usahatani jeruk siam pada tengkulak lain. Hal ini dimaksud agar terjadi persaingan permintaan di tingkat tengkulak, sehingga dapat menaikkan harga jual petani. Kata Kunci : Analisis, Pendapatan dan Pemasaran, Jeruk Siam
URI: http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/4750
Appears in Collections:UT - Agribusiness

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
S1_FP_AGRIBISNIS_RIZKI DWI ELFIANTI.pdfPublish2.81 MBAdobe PDFView/Open
FULLTEXT S1_FP_AGRIBISNIS_RIZKI DWI ELFIANTI.pdf
  Restricted Access
Fulltext8.62 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.