Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/4751
Title: Pengaruh Bauran Pemasaran terhadap Keputusan Pembelian Pudak di Toko Sari Kelapa Gresik
Authors: Ningsih, Dwi Ratna
Keywords: Pertanian
Agribisnis
Pengaruh
Bauran Pemasaran
Keputusan Pembelian Pudak
Issue Date: 7-Jul-2022
Publisher: Universitas Islam Malang
Abstract: Pemasaran merupakan salah satu aspek yang mendorong meningkatnya penjualan sehingga tujuan suatu bisnis atau perusahaan tercapai. Konsumen seringkali mengambil keputusan pembelian dengan melihat aspek-aspek pemasaran dari suatu produk. Oleh karena itu pengetahuan tentang pemasaran sangatlah penting bagi perusahaan untuk menarik konsumen mengkonsumsi produk yang akan dijual. Secara teori bauran pemasaran merupakan Bauran pemasaran merupakan sekumpulan alat pemasaran yang dipakai oleh perusahaan untuk memperoleh tanggapan dari pasar sasaran yang diinginkan. Analisis pemasaran terhadap bauran pemasaran yang sangat penting dapat menyesuaikan keinginan pasar dengan produk yang akan dijual dan dapat disimpulkan komponen pemasaran yang terdiri dari produk, harga, tempat, promosi yang terkait satu sama lain, dengan tujuan untuk memenuhi kebutuhan konsumen dan kepuasaannya agar mencapai tujuan yang diinginkan. Sedangkan kenyataannya bauran pemasaran di “Pudak Sari Kelapa Gresik” belum maksimal terkait ketatnya persaingan UMKM penghasil pudak di Kota Gresik mengharuskan Pudak Sari kelapa Gresik sebagai makanan camilan oleh-oleh khas Gresik memahami karakteristik bauran pemasarannya konsumen, agar dapat bersaing dengan pudak yang lainnya dan konsumen memutuskan untuk melakukan pembelian di “Pudak Sari kelapa Gresik”. Untuk memberikan perubahan dalam minat keputusan konsumen, salah satunya memperbaiki dengan bauran pemasaran yang lebih efektif seperti produk ,harga, tempat, dan promosi. Pemasaran yang efektif dalam penerapannya bukan hanya bagaimana cara meningkatkan volume penjualan, tetapi juga mengamati bagaimana tingkah laku konsumen serta memenuhi kebutuhan masyarakat sesuai pengamatan produknya. Termasuk juga di dalamnya harus mengerti aspek 4p tersebut yang berpengaruh terhadap keputusan pembelian pudak. Atas dasar kontradiksi teori dan kenyataan, maka menarik diteliti dengan judul Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan pembelian Pudak Di Toko Pudak Sari Kelapa Gresik. Dengan tujuan yang pertama mengetahui kontribusi bauran pemasaran terhadap keputusan pembelian Pudak di toko Sari Kelapa Gresik, tujuan yang kedua mengetahui variasi kontribusi bauran pemaaran secara langsung terhadap keputusan pembelian Pudak di toko Sari Kelapa Gresik. Lokasi penelitian ini yaitu di Pudak Sari Kelapa Gresik, Kabupaten Gresik. Untuk konsumen yang menjadi sampel adalah konsumen yang membeli produk di Pudak Sari Kelapa Gresik langsung di outlet Pudak Sari Kelapa Gresik, baik itu wisatawan maupun warga lokal Pengambilan sampel dilakukan teknik Accidental Sampling, yaitu teknik pengambilan sampel berdasarkan kebetulan bertemu di Outlet dengan Responden 55 konsumen. Data penelitian diperoleh dari hasil wawancara dengan responden melalui kuisioner dengan menggunakan skala likert 1-5. Data pendukung diperoleh dari studi literatur buku, jurnal, internet serta instansi terkait atau lembaga yang berhubungan dengan penelitian. Metode analisis data dalam penelitian ini menggunakan SEM (Structural Equation Modelling. Analisis data yang digunakan untuk mengtahui kontribusi bauran pemasaran (produk, harga, tempat, promosi), menggunakan analisis SEM (Structural Equation Modelling) dengan bantuan SmartPLS 3.0 Hasil dari penelitian ini yaitu variabel bauran pemasaran di Pudak Sari Kelapa Gresik yang terdiri dari produk, harga, tempat dan promosi. Variabel Produk memiliki pengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen di Pudak Sari Kelapa Gresik, harga tidak memiliki pengaruh signifikan, tempat memiliki pengaruh signifikan,promosi memiliki pengaruh signifikan.Variasi kontribusi bauran pemasaran terhadap keputusan pembelian yaitu dilihat dari nilai p-value produk memiliki nilai 0,002, hargaa memiliki nilai 0,189, tempat memiliki 0,023, promosi memiliki nilai 0,012. Berarti dari 4 unsur pemasaran yang memberikan kontribusi lebih terhadap pemasaran yang memberikan kontribusi lebih terhadap keputusan pembelian Pudak Sari Kelapa Gresik adalah Produk. Saran dari penelitian ini Pengelola Pudak Sari Kelapa Gresik disarankan untuk dapat mempertahankan dan meningkatkan kualitas produk seperti menjaga kualitas dan kebersihan produk yang dijual ditoko tersebut. Hal ini disebabkan kualitas produk sering menjadi pertimbangan dalam melakukan pembelian pudak di Pudak Sari Kelapa Gresik, pada aspek harga, pengelola Pudak Sari Kelapa Gresik sebaiknya perlu menambahkan bonus yang sesuai dengan banyaknya pembelian, dan memberikan harga spesial pada event tertentu. Pada aspek tempat, pengelola Pudak Sari Kelapa Gresik harus dipertimbangkan kembali oleh pengelola, khususnya pada indikator tempat parkir yang masih belom memadai seperti kendaraan motor khususnya mobil. Pengelola Pudak Sari Kelapa Gresik disarankan melakukan promosi dengan cara baru yaitu mengikuti event tertentu yang diadakan di Event Gresik dan luar gresik. Selain itu bisa bekerjasama dengan media massa yang dapat meningkatkan penyebaran informasi mengenai Pudak Sari Kelapa Gresik. Kata Kunci : Pengaruh, Bauran Pemasaran, Keputusan Pembelian Pudak
URI: http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/4751
Appears in Collections:UT - Agribusiness

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
S1_FAKULTAS PERTANIAN_21801032066_DWI RATNA NINGSIH.pdfPublish1.62 MBAdobe PDFView/Open
FULLTEXT S1_FAKULTAS PERTANIAN_21801032066_DWI RATNA NINGSIH.pdf
  Restricted Access
Fulltext3.87 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.