Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/4762
Title: Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk dan Harga terhadap Kepuasan Konsumen (Studi Kasus di Agrowisata Belimbing Karangsari Kota Blitar)
Authors: Izha, Salsabilla Nurul
Keywords: Pertanian
Agribisnis
Pengaruh
Kualitas Pelayanan
Kualitas Produk
Harga
Kepuasan Konsumen
Issue Date: 23-Jun-2022
Publisher: Universitas Islam Malang
Abstract: Belimbing Karangsari merupakan salah satu komoditi andalan Kota Blitar, Belimbing Karangasari memiliki ukuran yang lebih besar dari pada belimbing lainnya, memiliki warna lebih mencolok dengan rasa manis yang mendominasi. Kualitas Pelayanan yang baik dan kualitas produk yang memuaskan, harga yang kompetitif, maka akan mendorong terciptanya kepuasan konsumen. Jika harga yang ditetapkan terlalu tinggi atau pelayanan yang diberikan tidak sebanding dengan harga yang harus dibayar, maka produk tersebut kurang memuaskan bagi pelanggan yang berkunjung ke Agrowisata Belimbing Karangsari Kota Blitar. Tujuan penelitian ini untuk menganalisa pengaruh Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk dan Harga terhadap Kepuasan Konsumen Agrowisata Belimbing Karangsari Kota Blitar. Penelitian ini dilakukan di Agrowisata Belimbing Karangsari yang terletak di Kelurahan Karangsari, Kecamatan Sukorejo, Kota Blitar pada tanggal 26 Februari 26 Maret 2022. Metode pengambilan dilakukan secara kebetulan (Accidental sampling) dengan jumlah populasi sebanyak 100 pengunjung perminggu dengan 3 hari pengambilan sampel sehinggal didaptkan 50 sampel pengunung Agrowisata Karangsari Kota Blitar, dimana metode pengumpulan data menggunakan skala likert dan metode analisis data menggunakan Scructural Equation Modeling (SEM). Berdasarkan hasil dan pembahasan dalam penelitian tentang pengaruh kualitas pelayanan, kualitas produk dan harga terhadap kepuasan konsumen Agrowisata Belimbing Karangsari Kota Blitar sebagai berikut: Kualitas pelayanan yang diberikan oleh karyawan Agrowisata Belimbing Karangsari Kota Blitar seperti bukti fisik, kehandalan, daya tanggap, jaminan, empati belum sepenuhnya terealisasikan sesuai dengan kebutuhan konsumen atau pengunjung. Hal ini ditunjukkan dari hasil penilaian kepuasan konsumen dengan kategori netral 27,63 %, kategori setuju 38,72%, dan kategori sangat setuju 29,09 %. Kemudian untuk nilai P-Values secara keseluruhan memiliki nilai 0,000 sehingga apabila keseluruhan indikator memiliki nilai t-statistic >1,96 dan memiliki nilai P-Values 0,000 <0,05, maka secara statistik Ho ditolak atau Ha diterima. Hal tersebut berarti bahwa kualitas pelayanan tidak berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan konsumen dikarenakan memiliki nilai v-palue 0,05, dikarenakan pada kepuasan konsumen yang di indikatorkan perasaan puas memiliki nilai p-value >0,05, keluhan teratasi memiliki nilai p-value > 0,05, kesesuaian kenyataan juga memiliki nilai p-value >0,05 dimana pada kualitas pelayanan memiliki pernyataan bahwa tidak ada pengaruh signifikan antara kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen. Kualitas produk meliputi tampilan, selera, rasa, tekstur, daya tahan yang dimiliki Agrowisata Belimbing Karangsari sudah dengan baik dalam berinovasi dan terjamin kemurniannya, Dari hasil tersebut didukung dari persentase penilaian kepuasan konsumen untuk kualitas produk belimbing yang memberikan nilai dengan kategori netral sebesar 38,81%, kategori setuju sebesar 43,63%, dan kategori sangat setuju sebesar 35,27%. Kemudian untuk nilai P-Values secara keseluruhan memiliki nilai 0,000, sehingga apabila keseluruhan indikator memiliki nilai t-statistic >1,96 dan memiliki nilai P-Values 0,000 <0,05, maka secara statistik Ho ditolak atau Ha diterima. Hal tersebut berarti bahwa kualitas produk berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan konsumenHarga meliputi harga yang ditetapkan, keterjangkauan harga, kesesuaian harga dengan kualitas, daya saing harga, potongan harga. Hal ini ditunjukkan dari hasil penilaian kepuasan konsumen dengan kategori kategori netral 29%, kategori setuju 35,25%, dan kategori sangat setuju 36%. Kemudian untuk nilai P-Values secara keseluruhan memiliki nilai 0,000 sehingga apabila keseluruhan indikator memiliki nilai t-statistic >1,96 dan memiliki nilai P-Values 0,000 <0,05, maka secara statistik Ho ditolak atau Ha diterima. Peneliti ingin memberikan saran untuk meningkatkan kualitas pelayanan, kulitas produk dan harga di Agrowisata Belimbing Karangsari kota Blitar. Adapun saran- saran sebagai berikut : Diharapkan pihak Agrowisata Belimbing Karangsari Kota blitar dapat mengevaluasi kebutuhan konsumen, dan perasaan puas serta harapan konsumen terhadap kualitas pelayanan yang disediakan oleh Agrowisata Karangsari Kota Blitar. Pihak Agrowisata Karangsari Kota Blitar juga harus meningkatkan kualitas produk yang bagus dari tampilan berupa pembaharuan kantong atau kemasan pada produk , selera yang bevariasi agar konsumen lebih percaya diri membeli, rasa yang sesuai dengan lidah konsumen, tekstur sesuai dengan yang diinginkan konsumen, dan daya tahan dan mutu yang baik supaya tidak hilang dan tetap bertahan supaya konsumen merasa puas dan dapat menjadi pertimbangan kembali untuk membeli produk Agrowisata Belimbing Karangsari Kota Blitar. Pihak Agrowisata Belimbing Karangsari Kota Blitar diharapkan dapat membuat tampilan produk menyesuaikan dengan kemajuan teknologi atau lebih branded lagi. Bagi pemerintah dan pihak Agrowisata Belimbing Karangsari Kota Blitar agar lebih berkontribusi untuk memperbaiki jalan, perluasan area untuk pembuatan destinasi. Kata Kunci : Pengaruh, Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk, Harga, Kepuasan Konsumen
URI: http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/4762
Appears in Collections:UT - Agribusiness

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
S1_PERTANIAN_21801032025_SALSABILLA NURUL IZHA.pdfPublish1.84 MBAdobe PDFView/Open
FULLTEXT S1_PERTANIAN_21801032025_SALSABILLA NURUL IZZA.pdf
  Restricted Access
Fulltext4.26 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.