Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/4901
Title: Pengembangan Buku Elektronik Berbasis 7E (Elicit, Engage, Explore, Explain, Elaborate, Evaluate, Extend) Bermuatan Literasi Digital pada Materi Aritmatika Sosial Kelas VII di MTs Negeri 7 Nganjuk
Authors: Masrukhin
Keywords: Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Pendidikan Matematika
Pengembangan
Buku Elektronik
7E
Literasi Digital
Aritmatika Sosial
Issue Date: 26-Jul-2022
Publisher: Universitas Islam Malang
Abstract: Media yang digunakan dalam Pembelajaran matematika sangat penting dalam menyampaikan materi. Berdasarkan hasil analisis kebutuhan pendidik matematika dan peserta didik di MTs Negeri 7 Nganjuk, 85.4% pendidik setuju dengan adanya bahar ajar berupa buku elektronik untuk mendukung dan mempermudah dalam menjelaskan materi kepada peserta didik selama proses pembelajaran matematika dan 80,3% peserta didik setuju dengan adanya bahar ajar berupa buku elektronik karena dapat membantu dan memudahkan peserta didik dalam memahami matematika terutama pada materi Aritmatika Sosial. Berdasarkan hal tersebut, buku elektronik dirancang dan didesain semenarik mungkin dan sesuai dengan kurikulum 2013. Pada buku elektronik ini terdapat materi, contoh, latihan soal dan uji kompetensi. Buku elektronik berbasis 7E (Elicit, Engage, Explore, Explain, Elaborate, Evaluate, Extend) merupakan buku yang didalamnya ada tahapan belajar untuk memudahkan peserta didik dalam memahami materi dan buku elektronik ini bermuatan literasi digital. Pengembangan buku elektronik ini bertujuan untuk mengembangkan dan mengetahui hasil dari pengembangan buku elektronikberbasis 7E (Elicit, Engage, Explore, Explain, Elaborate, Evaluate, Extend) bermuatan literasi digital pada materi Aritmatika Sosial kelas VII MTs Negeri 7 Nganjuk.Pengembangan buku elektronik ini mengacu kepada pengembangan ADDIE yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Subjek validasi terdiri dari satu ahli materi, satu ahli desain dan media, satu ahli praktisi, dan 10 peserta didik kelas VII sebagai user/pengguna. Teknik analisis data diambil berdasarkan data kualitatif dan data kuantitatif. Secara umum, hasil pengembangan buku elektronik ini terdiri dari: bagian pembuka, bagian isi dan bagian penutup. Pada bagian pembuka terdiri dari: cover, prakata, kata motivasi, tentang buku elektronik, petunjuk penggunaan buku,kata kunci, KI dan KD, pengalaman belajar, dan peta konsep. Pada bagian isi terdiri dari: materi, contoh soal, latihan soal, dan soal.Pada tahap isi ini terdapat tahapan belajar 7E(Elicit, Engage, Explore, Explain, Elaborate, Evaluate, Extend) serta bermuatan litarasi digital. Pada bagian penutup terdiri dari daftar pustaka dan tentang pengembang. Berdasarkan data hasil validasi produk, penilaian produk oleh validator ahli materi memenuhi kriteria valid dengan skor 3,13.Penilaian produk oleh validator ahli desain dan media memenuhi kriteria valid dengan skor 3,1. Penilaian produk oleh validator ahli praktisi memenuhi kriteria valid dengan skor 3,4. Penilaian produk oleh user/pengguna memenuhi kriteria valid dengan skor 3,21. Skor-skor tersebut memiliki nilai rata-rata kepraktisan yaitu 3,2. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa buku elektronik berbasis 7E bermuatan literasi digitalpada materi Aritmatika Sosial kelas VII yang dikembangkan oleh peneliti dinyatakan valid dan praktis untuk digunakan dalam proses pembelajaran. Kata Kunci: Pengembangan, Buku Elektronik, 7E, Literasi Digital, Aritmatika Sosial.
URI: http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/4901
Appears in Collections:UT - Mathematic Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
S1_FKIP_PENDIDIKAN MATEMATIKA_21601072040_Masrukhin.pdfPublish2.54 MBAdobe PDFView/Open
FULLTEXT S1_FKIP_21601072040_Masrukhin.pdf
  Restricted Access
Fulltext8.34 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.