Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/4927
Title: Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis dalam Menyelesaikan Masalah Multiple Solution Task Ditinjau dari Self- Regulated Learning Siswa Kelas VII-B SMP Diponegoro Tumpang
Authors: Damayanti, Fina Putri
Keywords: Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Pendidikan Matematika
Kemampuan Berpikir Kreatif
Multiple Solution Task
Self- Regulated Learning
Issue Date: 20-Jul-2022
Publisher: Universitas Islam Malang
Abstract: Pentingnya kemampuan berpikir kreatif pada siswa yaitu sebagai cara menghasilkan ide-ide yang dapat diterapkan tidak hanya dalam pembelajaran matematika tetapi juga dalam kehidupan sehari-hari. Salah satu cara untuk mengetahui proses berpikir kreatif yaitu dengan pemberian masalah tipe MST (Multiple Solution Task). MST merupakan salah satu tugas untuk memecahkan masalah yang mempunyai banyak cara penyelesaian berbeda. Kemampuan berpikir kreatif siswa dipengaruhi oleh beberapa hal, salah satunya yaitu SRL (Self-regulated learning). SRL merupakan kemampuan yang harus dimiliki oleh siswa untuk menjadikan siswa lebih mandiri dalam melakukan kegiatan pembelajaran matematika. Tujuan dari penelitian ini yaitu (1) untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir kreatif siswa dalam menyelesaikan masalah Multiple solution task ditinjau dari Self-regulated learning tinggi; (2) untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir kreatif siswa dalam menyelesaikan masalah Multiple solution task ditinjau dari Self-regulated learning sedang; (3) untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir kreatif siswa dalam menyelesaikan masalah Multiple solution task ditinjau dari Self-regulated learning rendah. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Diponegoro Tumpang yang terletak di Jl. Tunggul Ametung No.67, Tumpang, Kec. Tumpang, Kabupaten Malang, Jawa Timur pada bulan Maret sd April Tahun 2022. Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu angket, tes dan wawancara. Subjek dipilih sesuai dengan klasifikasi tingkatan kemampuan berpikir kreatif (TKBK) serta mewakili dari masing-masing kategori Self-regulated learning siswa. Empat subjek penelitian terdiri dari satu orang dengan TKBK 4 (sangat kreatif) dengan kategori Self-regulated learning tinggi, satu orang dengan TKBK 3 (kreatif) dengan kategori Self-regulated learning sedang, satu orang dengan TKBK 2 (cukup kreatif) dengan kategori Self-regulated learning sedang dan satu orang dengan TKBK 0 (tidak kreatif) dengan kategori Self-regulated learning rendah. Adapun teknik analisis data dilakukan melalui 3 tahap yaitu: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) subjek dengan kategori Self- regulated learning tinggi dapat memenuhi ketiga indikator kemampuan berpikir kreatif yaitu kefasihan, fleksibilitas dan kebaruan yaitu: mampu memahami masalah dengan baik, dapat memberikan jawaban yang bervariasi, serta dapat memberikan jawaban yang baru secara terperinci dan cukup jelas. Sehingga dapat dikategorikan dalam TKBK 4 (sangat kreatif); (2) subjek dengan kategori Self-regulated learning sedang menunjukkan bahwa tingkat keterampilan berpikir kreatif yang berbeda-beda. Subjek pertama yang memenuhi dua indikator kemampuan berpikir kreatif yaitu: mampu memahami masalah dengan cukup baik, serta dapat memberikan jawaban yang bervariasi. Sehingga subjek tersebut dikategorikan dalam TKBK 3 (kreatif). Sedangkan subjek kedua yang hanya memenuhi indikator fleksibilitas yaitu dari dua soal hanya mampu memberikan masing-masing satu jawaban dan dijawab dengan benar, sehingga subjek tersebut dikategorikan dalam TKBK 2 (cukup kreatif); (3) subjek dengan kategori Self-regulated learning rendah tidak mampu memenuhi ketiga indikator kemampuan berpikir kreatif, artinya subjek tersebut tidak dapat memahami dan menyelesaikan masalah dengan baik sehingga dikategorikan dengan TKBK 0 (tidak kreatif). Kata kunci: Kemampuan Berpikir Kreatif, Multiple Solution Task, Self- Regulated Learning
URI: http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/4927
Appears in Collections:UT - Mathematic Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
S1_FKIP_PENDIDIKAN MATEMATIKA_21801072038_FINA PUTRI DAMAYANTI.pdfPublish5.42 MBAdobe PDFView/Open
FULLTEXT S1_FKIP_21801072038_FINA PUTRI DAMAYANTI.pdf
  Restricted Access
Fulltext5.68 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.