Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/4999
Title: Pemaanfaatan Media Video Pembelajaran untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di Kelas VII SMP Negeri 02 Talun
Authors: Hidayatullah
Keywords: Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Media Video Pembelajaran
Pemanfaatan Media
Implikasi Pemanfaatan
Teks Berita
Issue Date: 11-Jul-2022
Publisher: Universitas Islam Malang
Abstract: Media pembelajaran adalah hal paling penting yang harus diadakan dalam proses pembelajaran. Media pembelajaaran yang nebarik dan bias mengikuti perkembangan zaman anak disukai oleh siswa, siswa akan ikut alur proses pembelajaran, semangat, aktif dan pembelajaran akan kondusif jika media pembelajaran tepat dalam pembuatannya. Media pembelajaran yang sangat dibutihkan pada era ini dalah media video pembelajaran, dimana media video pembelajaran sangat membantu guru untuk mengantar materi kepada siswa. Media pembelajaran merupakan media gambar gerak dan bersuara, biasanya media pembelajaran menggunakan alat seperti LCD proyektor, sound, leptop sesuai teknologi yang dimiliki oleh sekolah. Penelitian ini berkaitan dengan pemanfaatan media video pembelajaran dan mempunyai dua rumusan masalah yakni Bagaimakan pemanfaatan media video pembelajaran mata pelajaran bahasa Indonesia kelas VIII SMP Negeri 02 Talun dan Bagaimana implikasi media video pembelajaran dalam meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran bahasa Indonesia kelas VIII SMP Negeri 02 Talun. Dengan rumusan masalah tersebuat penelitian ini menpunyai tujuan yakni untuk mendeskripsikanpemanfaatan media video pembelajaran untuk meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indoneisa dan implikasimedia video pembelajaran untuk meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indoneisa. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yakni kualitatif, karena dalam proses penelitian ini, peneliti memperoleh data yang mendalam dari orang-orang yang diamati baik secara tertulis maupun lisan. Dalam penelitian ada tiga proses yakni wawancara, observasi dan dokumentasi. Upada yang harus didapatkan dalam penelitian ini, peneliti harus benar-benar mengambil data dari lapangan sesuai prosedur yang sudah dibuat. Berdasarkan data yang sudah diambil di sekolah SMP Negeri 2 Talun kelas VIIA, media video pembelajaran sangat membantu proses pembelajaran yang diajarkan yakni mata pembelajaran bahasa Indonesia dengan materi Teks Berita. Siswa semakin aktif dalam berdiskusi, suasana kelas menjadi kondusif, siswa berlomba-lomba dalam menyampaikan pendapat, capaian belajar siswa sangat meningkat dibandingkan dengan tidak menggunakan media video pembelajaran.Maka dari itu media video pembelajaran di sekolah SMP Negeri 02 Talun mampu minat belajar siswa. Kata Kunci: Media Video Pembelajaran, Pemanfaatan Media, Implikasi Pemanfaatan, Teks Berita
URI: http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/4999
Appears in Collections:UT - Indonesian Language Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
S1_FKIP_PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA_21801071017_HIDAYATULLAH.pdfPublish1.33 MBAdobe PDFView/Open
FULLTEXT S1_FKIP_21801071017_HIDAYATULLAH.pdf
  Restricted Access
Fulltext2.64 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.