Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/5021
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorFajriansyah, Muhammad-
dc.date.accessioned2022-08-23T03:56:20Z-
dc.date.available2022-08-23T03:56:20Z-
dc.date.issued2022-06-21-
dc.identifier.urihttp://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/5021-
dc.description.abstractPenelitian ini dilakukan atas dasar adanya keluhan Masyarakat terhadap kualitas Pelayanan Pasien BPJS Kesehatan di beberapa Rumah Sakit disini Penulis ingin mengetahui tentang bagaimana kualitas pelayanan dirumah Sakit Islam Unisma Malang. Bagi masyarakat kesehatan adalah kebutuhan dasar dan modal utama untuk hidup, karena setiap manusia berhak untuk hidup dan memiliki kesehatan yang layak, berdasarkan Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 36 Tahun 2009 Tentang Kesehatan pasal 3 menyatakan bahwa pembangunan kesehatan bertujuan untuk meningkatkan kesadaran, kemauan, dan kemampuan hidup sehat bagi setiap orang agar terwujud derajat kesehatan masyarakat yang setinggi- tingginya. Berdasarkan uraian latar belakang yang ada diatas diatas maka penulis menyimpulkan poko permasalahannya yaitu : (1) Bagaiamana Pelaksanaan Kegiatan Pelayanan di RSI Unisma Malang Menggunakan BPJS? (2) Apa Faktor Penghambat Dalam Pelaksanaan Pelayanan BPJS? Penelitian ini dilaksanakan di RSI Unisma Malang di Jalan MT. Haryono No. 139, Malang. Keberadaan Rumah Sakit Islam Malang sangat mendukung terselenggarannya kebijakan BPJS Kesehatan dan memancing animo masyarakat untuk melakukan pengobatan serta mendapatkan pelayanan kesehatan dari tahun ke tahun semakin meningkat. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui dan mendeskripsikan bagaimana implementasi program BPJS di Rumah Sakit Islam Malang terealisasikan dengan baik. Metode yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah adalah melalui studi kepustakaan, wawancara dan observasi. Data dianalisis secara kualitatif dengan Teori Miles dan Huberman bahwa aktivitas dalam analisisi data kulitatif dilakukakn secara interaktif dan berlangsung secara terus-menerus pada setiap tahapan penelitian sehingga sampai tuntas dan datanya jenuh. Selama dalam prosesnya , pengumpulan data dilakukan tiga tahapan penting. Diantaranya : reduksi data, penyajian data, dan verivikasi. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa pelaksanaan kegiatan pelayanan dirumah sakit islam malang terbilang baik meskipun masih ada beberapa hal yang mesti di tingkatkan lagi. Adapun dampak positif yang dirasakan para pengguna BPJS Kesehatan, yaitu: biaya pengobatan terjamin, mempunyai asuransi, dan iuran bulanan terjangkau. Sedangkan dampak negatif yang dirasakan adalah tentang lamanya daftar tunggu rawat inap di rumah sakit, adanya keterbatasan obat, dan harus mengikuti aturan rujukan. Adapun hasil dari penelitian ini adalah masih terdapat beberapa kendala dalam pelaksanaan program BPJS di Rumah Sakit Islam Malang. Kata Kunci: Implementasi, Program BPJS, Pelayanan Kesehatanen_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherUniversitas Islam Malangen_US
dc.subjectImplementasien_US
dc.subjectProgram BPJSen_US
dc.subjectPelayanan Kesehatanen_US
dc.titleImplementasi Pelayanan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan (Studi Kasus Tentang Pelayanan BPJS Kesehatan di Rumah Sakit Islam Unisma Malang)en_US
dc.typeOtheren_US
Appears in Collections:UT - Public Administration

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
S1_FIA_21501091028_Muhammad Fajriansyah.pdfPublish2.01 MBAdobe PDFView/Open
FULLTEXT_S1_ILMU ADMINISTRASI_21501091028_MUHAMMAD FAJRIANSYAH (3).pdf
  Restricted Access
Fulltext3.57 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.