Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/5051
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorHendrawanto, Mochamad Agus-
dc.date.accessioned2022-08-24T06:01:45Z-
dc.date.available2022-08-24T06:01:45Z-
dc.date.issued2021-09-03-
dc.identifier.urihttp://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/5051-
dc.description.abstractDrum brake adalah salah satu jenis rem yang banyak diaplikasikan pada kendaraan seperti mobil dan sepeda motor. Pada drum brake biasanya dibuat lubang pada bagian permukaannya dengan tujuan supaya proses pengereman didapatkan hasil yang maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh pemberian lubang pada drum brake terhadap kinerja dan laju keausan kanvas rem. Jumlah lubang pada drum brake yang divariasikan pada penelitian ini adalah 0, 2, 4, 8 dengan diameter lubang 8 mm dan variasi kecepatan 30, 40, 50 km/jam. Pengujian dilakukan secara eksperimen dengan menguji langsung drum brake pada kendaraan dan dilakukan uji jalan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh pemberian lubang drum brake dilihat dari data rata-rata keempat variasi jumlah lubang terhadap kinerja pengereman Daihatsu Terios, ada pengaruh pemberian lubang drum brake dilihat dari data rata-rata ketiga variasi kecepatan terhadap kinerja pengereman Daihatsu Terios dan ada pengaruh interaksi antara variasi kecepatan dengan variasi jumlah lubang drum brake terhadap kinerja pengereman Daihatsu Terios. Tidak ada pengaruh pemberian lubang drum brake dilihat dari data rata-rata ketiga variasi jumlah lubang terhadap laju keausan kanvas rem Daihatsu Terios dan tidak ada pengaruh pemberian lubang drum brake dilihat dari data rata-rata kecepatan terhadap laju keausan kanvas rem Daihatsu Terios. Semakin banyak jumlah lubang pada drum brake maka jarak pengereman akan semakin panjang dan sebaliknya, semakin banyak lubang pada drum brake maka volume keausan akan berkurang. Kata kunci : Drum brake, Variasi Lubang, Kinerja Pengereman, Laju Keausanen_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherUniversitas Islam Malangen_US
dc.subjectTekniken_US
dc.subjectTeknik Mesinen_US
dc.subjectDrum Brakeen_US
dc.subjectVariasi Lubangen_US
dc.subjectKinerja Pengeremanen_US
dc.subjectLaju Keausanen_US
dc.titlePengaruh Pemberian Lubang pada Drum Brake Terhadap Kinerja dan Laju Keausan Kanvas Rem Daihatsu Teriosen_US
dc.typeOtheren_US
Appears in Collections:UT - Mechanical Engineering

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
S1_TEKNIK_TEKNIK MESIN_21721052019_MOCHAMAD AGUS HENDRAWANTO.pdfPublish1.66 MBAdobe PDFView/Open
FULLTEXT_S1_TEKNIK_21721052019_MOCHAMAD AGUS HENDRAWANTO.pdf
  Restricted Access
Fulltext4.21 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.