Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/5517
Title: Upaya Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Karakter Islami Peserta Didik Di Madrasah Tsanawiyah Salafiyah Siman Sekaran lamongan
Authors: Huda, M.Syukri Afkarul
Keywords: Nilai-nilai Religius
Meningkatkan Karakter Islami Peserta didik
Issue Date: 29-Aug-2022
Publisher: Universitas Islam Malang
Abstract: Pendidikan merupakan upaya untuk mempersiapkan peserta didik agar nantinya mampu hidup ditengah-tengah masyarakat, mapu mengembangkan dan meningkatkan kualitas hidupnya, masyarakat disekitarnya bahkan bangsanya. Maka dari itu pendidikan seharusnya bukan hanya sekedar teori dalam kelas saja. Karakter islami sendiri merupakan salah satu cara guru khususnya guru pendidikan agama Islam dalam mengaplikasikan nilai-nilai keagamaan yang sudah diajarkan dalam kelas. Hal ini ditujukan agar pembelajaran agama tidak hanya sebatas teori saja, akan tetapi juga mengena pada segala aspek. Baik itu aspek kognitif, afektif, maupun psikomotorik pada anak didik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan menganalisis.(1) perencanaan upaya guru pendidikan agama islam dalam meningkatkan karakter islami peserta didik Madrasah Tsanawiyah Siman Sekaran Lamongan (2) pelaksanaan upaya guru pendidikan agama islam dalam meningkatkan karakter islami peserta didik Madrasah Tsanawiyah Siman Sekaran Lamongan (3) evaluasi upaya guru pendidikan agama islam dalam meningkatkan karakter islami peserta didik Madrasah Tsanawiyah Siman Sekaran Lamongan. Pendekatan dalam penelitian ini yaitu pendekatan kualitatif deskriptif, bertujuan mendeskripsikan, menganalisis perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi upaya guru pendidikan agama islam dalam meningkatkan karakter islami di Madrasah Tsanawiyah Siman Sekaran Lamongan, sebagai sumber data primer adalah kepala sekolah, waka kurikulum, dan guru. Adapun teknik pengumpulan datanya menggunakan observasi partisipatif, wawancara tak terstrukturdan dokumentasi. sedangkan analisa datanya menggunakan, Pengumpuan data, kondensasi, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari peneitian ini adalah :1) perencanaan meliputi kurikulum 2013, rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) silabus, program semester (pomes), Program tahunan (prota) 2) pelaksanaan yaitu melalui kegiatan pembelajaran meliputi: internalisasi keagamaan kurikulum 2013 dan membaca doa sebelum dan sesudah kegiata pembelajaran. kegiatan etrakurikuler meliputi : ektra pramuka dan ektra tahfidz dan kegiatan insidental meliputi: istighosah, infaq, bakti social, peringatan hari besar, israj mi’raj, idul adha, pondok romadhonan 3) Evaluasi pendidikan dengan melalui ulangan harian, penilaian tengah semester (PTS), penilaian Akhir Semester (PAS), penilaian akhir tahun ( PAT )
URI: http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/5517
Appears in Collections:MT - Islamic Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
FULL TEXT S2_MIPA_22002011058_M. Syukri Afkarul Huda.pdf
  Restricted Access
3.64 MBAdobe PDFView/Open Request a copy
S2_MIPA_22002011058_M. Syukri Afkarul Huda.pdf1.92 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.