Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/5551
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorPangestu, Ahmad Labib Abdi-
dc.date.accessioned2022-09-27T01:56:07Z-
dc.date.available2022-09-27T01:56:07Z-
dc.date.issued2022-08-06-
dc.identifier.urihttp://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/5551-
dc.description.abstractDalam sebuah organisasi tentu memiliki seorang pemimpin yang mengatur dan mengarahkan jalannya organisasi tersebut. Begitu juga dengan sekolah, lembaga tersebut dipimpin oleh seorang kepala sekolah yang memimpin dan mengarahkan para guru, staff, dan tenaga kependidikan untuk tercapainya visi dan misi sekolahnya. Kepemimpinan kepala sekolah sangat berpengaruh terhadap laju berkembangnya suatu lembaga yang dipimpinnya. Lingkungan belajar yang harmonis juga tidak terlepas dari pengaruh kepala sekolah yang menciptakan kultur sekolah yang nyaman dan disiplin bagi para guru, staff, tenaga kependidikan dan khususnya bagi peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran sikap akhlaqul karimah peserta didik di SMP Bahrul Maghfiroh Malang, untuk mengetahui strategi kepala sekolah dalam pembentukan akhlaqul karimah pada peserta didik berbasis wisata edukasi di SMP Bahrul Maghfiroh Malang, dan yang terakhir untuk mengetahui hambatan dan solusi kepala sekolah dalam pembentukan akhlaqul karimah peserta didik di SMP Bahrul Maghfiroh Malang. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif dengan jenis pendekatan studi kasus. Dalam pengumpulan data penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan dalam teknik analisis datanya menggunakan model Miles and Huberman yang mencakup data collection, data reduction, data display, dan conclusion drawing/verification. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, pertama, gambaran sikap akhlaqul karimah peserta didik di SMP Bahrul Maghfiroh Malang seperti; akhlak terhadap Allah SWT. akhlak terhadap Rasulullah SAW. akhlak terhadap guru, akhlak terhadap teman sebaya, dan akhlak terhadap lingkungan. Kedua, strategi kepala sekolah dalam pembentukan akhlaqul karimah peserta didik meliputi; program kepala sekolah dalam pembentukan akhlaqul karimah peserta didik berbasis wisata edukasi di SMP Bahrul Maghfiroh Malang seperti program turunan pondok pesantren, program ekstrakurikuler, dan program sekolah wisata edukasi. Sedangkan dalam keterlibatan kepala sekolah dalam pembentukan akhlaqul karimah peserta didik berbasis wisata edukasi di SMP Bahrul Maghfiroh Malang adalah sebagai pendidik, motivator, dan inovator. Dan ketiga, hambatan dan solusi kepala sekolah dalam pembentukan akhlaqul karimah peserta didik berbasis wisata edukasi di SMP Bahrul Maghfiroh Malang salah satunya seperti hambatan usia anak yang masih labil, dengan solusi penanganannya yakni dengan melakukan pendekatan. Kata Kunci: Strategi, Kepala Sekolah, Akhlaqul Karimah Peserta Didik, Sekolah Wisata Edukasien_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherUniversitas Islam Malangen_US
dc.subjectPendidikan Agama Islamen_US
dc.subjectStrategien_US
dc.subjectKepala Sekolahen_US
dc.subjectAkhlaqul Karimah Peserta Didiken_US
dc.subjectSekolah Wisata Edukasien_US
dc.titleStrategi Kepala Sekolah dalam Pembentukan Akhlaqul Karimah Peserta Didik Berbasis Wisata Edukasi di SMP Bahrul Maghfiroh Malangen_US
dc.typeOtheren_US
Appears in Collections:UT - Islamic Education



Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.