Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/5787
Title: Penerapan Demonstrasi Melalui Pembelajaran Sains pada Anak Kelompok A di RA Assa’idiyyah Karangploso
Authors: Sutriani
Keywords: Pendidikan Agama Islam
Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Metode Demonstrasi
Pembelajaran Sains
Anak kelompok A
Issue Date: 17-Jul-2021
Publisher: Universitas Islam Malang
Abstract: Pembelajaran sains merupakan bagian dari pendekatan terpadu yang sedang berlangsung di mana anak berfikir dan membangun dasar pemahaman tentang dunianya. pentingnya pembelajaran sains bagi anak usia dini untuk mempelajari benda-benda serta kejadian di lingkungan sekitarnya. Di sinilah peranan seorang guru pendidikan Raudhlatul Athfal sangat diharapkan, seorang guru hendaknya berusaha menciptakan pembelajaran sains yang lebih menarik dan bervariatif sesuai kemampuan usia dini yang disesuaikan dengan karakteristik anak, seperti melalui penerapan metode demonstrasi sebagai salah satu metode yang menarik dan banyak disukai anak apabila diterapkan dengan baik. Dari latar belakang penelitian diatas maka peneliti menentukan fokus penelitian yaitu: Bagaimana perencanaan pembelajaran sains dengan metode demonstrasi di RA Assa’idiyyah, bagaimana pelaksanaan pembelajaran sains dengan metode demonstrasi di RA Assa’idiyyah, Bagaimana evaluasi pembelajaran sains dengan metode demonstrasi di RA Assa’idiyyah. Tujuan penelitian ini adalah: (1) Ingin mendeskripsikan tentang bagaimana perencanaan pembelajaran sains dengan metode di RA Assa’idiyyah. (2) Ingin mendeskripsikan bagaimana pelaksanaan pembelajaran sains dengan metode demonstrasi di RA Assa’idiyyah. (3) Ingin mendeskripsikan bagaimana evaluasi pembelajaran sains dengan metode demonstrasi di RA Assa’idiyyah. Untuk mencapai tujuan tersebut di atas penelitian dilakukan dengan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Prosedur pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi yaitu pengamatan langsung dan berupa lembar instrument obsevasi, metode wawancara yang berupa wawancara terstruktur dan dokumentasi berupa foto, catatan, dan dokumen sekolah. Berdasarkan paparan data dan temuan penelitian diperoleh proses pembelajaran sains melalui demonstrasi dilakukan dalam tahap, yaitu: perencanaan, pelaksaan dan evaluasi pembelajaran. yang pelaksaanannya sesuai dengan RPPH dengan ragkaian kegiatan meliputi keiatan awal, kegiatan inti, dan kegiatan penutup. Berdasarkan hasil pengolahan data dan analisis data didapatkan bahwasannya melalui penerapan metode demonstrasi dalam pembelajaran sains pada anak kelompok A di RA Assa’idiyyah Karangploso Malang didapatkan hasil yaitu: mampu meningkatkan aspek perkembangan aspek NAM (Nilai Agama dan Moral), aspek fisik Motorik, aspek kognitif, aspek sosial emosional, aspek bahasa, aspek seni. Hal-hal yang perlu diperhatikan sebagai saran yaitu kondisi dalam mengenalkan pembelajaran sains harus memperhatikan karateristik dan kebutuhan anak, dalam peningkatan mutu pembelajaran guru supaya dalam mengenalkan pembelajaran sains pada anak usia dini harus terus belajar berbagai metode supaya pembelajaran sains yang dilakukan lebih bervariatif, menyenangkan dan bermakna bagi anak-anak, penggunaan metode dan media yang tepat dan optimal. Kata Kunci : Metode Demonstrasi, Pembelajaran Sains, Anak kelompok A
URI: http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/5787
Appears in Collections:UT - Raudhatul Athfal Teacher Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
S1_FAI_PENDIDIKAN ISLAM ANAK USIA DINI_21701014018_SUTRIANI.pdfPublish2.04 MBAdobe PDFView/Open
FULLTEXT S1_FAI_PENDIDIKAN ISLAM ANAK USIA DINI_21701014018_SUTRIANI.pdf
  Restricted Access
Fulltext3.21 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.