Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/5836
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorTriunsa, Saufa Widia-
dc.date.accessioned2022-11-05T02:23:21Z-
dc.date.available2022-11-05T02:23:21Z-
dc.date.issued2022-08-22-
dc.identifier.urihttp://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/5836-
dc.description.abstractDalam lingkungan hidup, masyarakat menciptakan karya sastra itu ditujukan kepada penikmat karya sastra itu sendiri yaitu masyarakat. Penikmat karya sastra tersebut berperan penting dalam suatu karya yang diciptakan oleh pengarang. Penikmat karya sastra juga memiliki pengaruh yang cukup besar bagi pengarang untuk menciptakan karya sastra tersebut. Pengaruh tersebut yaitu lingkungan dapat menimbulkan inspirasi, ide, dan pengalaman bagi pengarang. Selain berperan sebagai timbulnya inspirasi pengarang, karya sastra juga berperan sebagai teks yang diciptakan pengarang sebagai teks yang diresepsi oleh pembaca. Proses pengamatan yang terjadi yaitu individu dapat menanggapi atau meresepsi dalam indera penghilatan, meresepsi apa yang dilihat, dibaca, didengar, dan dirasakan. Karena semakin berkembangnya karya sastra pada saat ini, maka peneliti ingin meneliti tentang karya sastra yang terbaru yaitu webseries. Webseries yang diambil pada penelitian ini yaitu webseries Antares adaptasi novel wattpad Antares karya Reinda. Objek dari penelitian ini yaitu remaja yang berkomentar dalam webseries. Peneliti ingin mengetahui apakah terdapat persepsi dari para remaja terhadap webseries Antares. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan tentang adanya persepsi remaja yang bermakna eksplisit, bermakna implisit, dan bentuk persepsi. Persepsi tersebut ada dalam wesberies Antares adaptasi novel wattpad Antares karya Reinda. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam persepsi remaja pada webseries Antares adaptasi novel wattpad Antares karya Reinda terdapat beberapa persepsi secara makna eksplisit terdiri dari makna eksplisit positif dan makna implisit negatif. Makna eskplisit positif positif terdiri dari indikator: 1) adanya komentar positif, dan 2) adanya nilai kedisiplinan dalam kebijakan dan makna eksplisit negatif terdiri dari indikator: 1) adanya komentar negatif, 2) adanya ketidakadilan antara satu tokoh dengan tokoh lainnya, dan 3) adanya prasangka buruk tokoh. Makna implisit positif terdiri dari makna implisit positif dan makna implisit negatif. Makna implisit positif terdiri dari indikator: 1) terdapat komentar positif, 2) makna implisit yang mengandung pesan positif, sedangkan makna implisit negatif 1) terdapat komentar negatif, 2) kata atau kalimat yang mengandung konotasi negatif. Bentuk persepsi terdiri dari persepsi visual, persepsi auditorial, dan persepsi sosial. Persepsi visual memiliki indikator adanya komentar menanggapi visual tokoh, persepsi auditorial memiliki indikator adanya komentar tertarik dengan suara tokoh, persepsi sosial memiliki infikator adanya komentar tentang sifat-sifat tokoh. Berdasarkan hasil penelitian ini maka dapat disimpulkan bahwa adanya persepsi remaja pada webseries Antares adaptasi novel wattpad Antares karya Reinda, baik secara positif maupun negatif. Dari komentar remaja menunjukkan adanya makna persepsi eksplisit, makna implisit, dan bentuk persepsinya. Kata Kunci : Persepsi, Remaja, Kenakalan Remaja, Webseries, Antares, Wattpad.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherUniversitas Islam Malangen_US
dc.subjectKeguruan dan Ilmu Pendidikanen_US
dc.subjectPendidikan Bahasa dan Sastra Indonesiaen_US
dc.subjectPersepsien_US
dc.subjectRemajaen_US
dc.subjectKenakalan Remajaen_US
dc.subjectWebseriesen_US
dc.subjectAntaresen_US
dc.subjectWattpaden_US
dc.titlePersepsi Remaja pada Webseries Antares Adaptasi Novel Wattpad Antares Karya Reindaen_US
dc.typeOtheren_US
Appears in Collections:UT - Indonesian Language Education



Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.