Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/5867
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorWerdiningsih, Dyah-
dc.date.accessioned2022-11-05T03:29:04Z-
dc.date.available2022-11-05T03:29:04Z-
dc.date.issued2015-02-15-
dc.identifier.urihttps://www.neliti.com/publications/79619/strategi-metakognisi-pembelajar-anak-dalam-pembelajaran-bahasa-indonesia-di-seko-
dc.identifier.urihttp://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/5867-
dc.description[ARCHIVES] Copyright from: Journal article // Cakrawala Pendidikanen_US
dc.description.abstractTujuan penelitian ini adalah mengkaji penggunaan strategi metakognitif dalam pembelajaran bahasa Indonesia (PBI) siswa SD yang meliputi (1) intensitas penggunaan strategi metakognitif pembelajar anak; (2) interkorelasi antara strategi metakognitif dalam belajar keempat keterampilan berbahasa Indonesia; dan (3) pengaruh tingkat pendidikan terhadap penggunaan strategi metakognitif dalam belajar bahasa Indonesia. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain deskriptif, korelasional, dan ex-post facto. Populasi penelitian ini adalah siswa SD di Kota dan Kabupaten Malang dengan teknik penyampelan cluster sampling yang berjenjang. Data dikumpulan lewat teknik keusioner dan hasilnya dianalisis dengan teknik statistik deskriptif, korelasional, dan oneway anova. Hasil penelitian ini diperoleh temuan (1) siswa SD menggunakan strategi metakognitif dengan intensitas rendah dengan rata-rata penggunaan di bawah skala 2,45; (2) penggunaan strategi metakognitif dalam belajar keempat keterampilan berbahasa Indonesia saling berinterkorelasi satu dengan lain (r= 0,980, p<0,01); dan (3) terdapat pengaruh tingkat pendidikan terhadap penggunaan strategi metakognitif (sig=0.00, <p0,05).en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherJournal article // Cakrawala Pendidikanen_US
dc.relation.ispartofseriesJournal article // Cakrawala Pendidikan;-
dc.subjectstrategi metakognitifen_US
dc.subjectIntensitasen_US
dc.subjectefek jenjang pendidikanen_US
dc.titleStrategi Metakognisi Pembelajar Anak dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasaren_US
dc.typeArticleen_US
Appears in Collections:LP - Indonesian Language Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
22_STRATEGI METAKOGNISI PEMBELAJAR.pdf80.45 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.