Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/5913
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorWerdiningsih, Dyah-
dc.contributor.authorWahyuni, Sri-
dc.contributor.authorNi’mah, Dzurriyyatun-
dc.contributor.authorMuttaqin, Khoirul-
dc.contributor.authorNasihah, Durotun-
dc.contributor.authorSiswiyanti, Frida-
dc.contributor.authorSufyan Zauri, Ahmad-
dc.contributor.authorNurul Hasanah, Siti-
dc.contributor.authorUmie Murniatie, Itznaniyah-
dc.contributor.authorHidayanti, Ika-
dc.contributor.authorIsmi Nahdiyatil Ilmi, Yuli-
dc.date.accessioned2022-11-09T09:22:26Z-
dc.date.available2022-11-09T09:22:26Z-
dc.date.issued2022-01-02-
dc.identifier.isbn978-623-329-621-2-
dc.identifier.urihttp://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/5913-
dc.description[ARSIP] Publikasi Dosen FKIP UNISMAen_US
dc.description.abstractPenulisan buku ini dilatarbelakangi bahwa model pembelajaran yang penting untuk dilakukan pada abad 21 ini adalah model pembelajaran berbasis proyek atau yang lebih dikenal dengan Project Based Learning (PjBL). PjBL adalah suatu model pembelajaran yang memberikan kesempatan kepada pendidik untuk mengelola pembelajaran di kelas dengan melibatkan proyek. Kesesuaian PjBL dengan pembelajaran abad 21 adalah PjBL dapat membekali siswa atau mahasiswa keterampilan yang dibutuhkan pada abad 21 ini, yaitu keterampilan pemecahan masalah, kolaborasi, berpikir kritis dan kreatif serta komunikasi (yang lebih dikenal dengan istilah 4’C, yaitu: Critical thinking and problem solving, Collaborative, Communication, and Creative thinking). Selain itu, PjBL ini juga dapat digunakan untuk mendukung implementasi kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) dalam meningkatkan hard-skill dan soft-skill mahasiswa agar siap menghadapi dan memenangkan persaingan dalam dunia kerja. Hal ini dikarenakan PjBL memiliki banyak manfaat, yaitu: meningkatkan kemampuan pemecahan masalah, meningkatkan pengetahuan dan keterampilan baru, meningkatkan keterampilan mengelola bahan dan alat untuk menyelesaikan suatu proyek, dan meningkatkan kolaborasi antara dosen dengan mahasiswa serta mahasiswa dengan mahasiswa. Dengan demikian PjBL ini telah relevan untuk pembelajaran abad 21 ini dan juga dapat mendukung tercapainya implementasi MBKM yang optimal. Relevansi PjBL ini dengan pembelajaran abad 21 dan implementasi MBKM membuat PjBL diterapkan diberbagai pembelajaran mata kuliah di Universitas Islam Malang (UNISMA). Penerapan PjBL diberbagai mata kuliah ini tentu memiliki karakteristik yang berbeda. Misalnya penerapan PjBL di mata kuliah Bahasa dan Sastra Indonesia akan berbeda dengan penerapan di Mata Kuliah Matematika. Perbedaanperbedaan penerapan PjBL ini di beberapa mata kuliah dipaparkan dalam buku ini.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherCV. Literasi Nusantara Abadien_US
dc.subjectPembelajaranen_US
dc.subjectBerbasis Proyeken_US
dc.subjectBest Practiceen_US
dc.titleBest Practice IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEKen_US
dc.typeBooken_US
Appears in Collections:Faculty of Teacher Training and Education Book's

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Best Practice Implementasi Pembelajaran Berbasis Proyek.pdfContent806.02 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.