Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/5914
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorWerdiningsih, Dyah-
dc.date.accessioned2022-11-09T09:24:41Z-
dc.date.available2022-11-09T09:24:41Z-
dc.date.issued2021-11-02-
dc.identifier.isbn978-623-329-473-7-
dc.identifier.urihttp://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/5914-
dc.description[ARSIP] Publikasi Dosen FKIP UNISMAen_US
dc.description.abstractPembelajaran pada saat ini, termasuk pembelajaran BI (BI), hendaknya mengarah pada proses kegiatan yang dapat membentuk kemampuan siswa untuk dapat menghadapi era revolusi industri 4.0, dan peka terhadap masalah lingkungan hidup, kemajuan teknologi informasi, konvergensi ilmu dan teknologi, ekonomi berbasis pengetahuan, kebangkitan industri kreatif dan budaya, pergeseran kekuatan ekonomi dunia, serta pengaruh teknologi berbasis sains. Sehubungan dengan hal tersebut, maka penguasaan literasi membaca, matematika, dan sains merupakan hal yang sangat penting untuk diperhatikan dalam pembelajaran. Artinya, kegiatan pembelajaran tidak hanya berorientasi pada penguasaan pengetahuan saja, lebih dari itu, kegiatan pembelajaran seharusnya berorientasi pada proses pembelajaran dan implementasi dari pengetahuan. Terkait dengan hal tersebut, literasi sains penting untuk dikuasai oleh siswa yakni berkenaan dengan cara siswa dapat memahami lingkungan hidup, kesehatan, ekonomi, dan masalahmasalah lain yang dihadapi oleh masyarakat modern yang sangat bergantung pada teknologi dan kemajuan, serta perkembangan ilmu pengetahuan. Pembelajaran bahasa diorientasikan pada tujuan untuk mengembangkan kompetensi komunikatif. Karena itu, pembelajaran BI di sekolah hendaknya diorientasikan pada pencapaian kemahiran berbahasa Indonesia dalam kominikasi. Dengan kemahiran berbahasa Indonesia yang dimilikinya, siswa diharapkan dapat memiliki keprofesionalan di bidangnya dan dapat mengemukakan gagasan keilmuan sesuai dengan bidangnya. Untuk mencapai harapan tersebut, perlu dilakukan pengembangan program pembelajaran BI sesuai dengan prinsip-prinsip pembelajaran disertai dengan materi pembelajaran yang mendukung efektivitas, efisiensi, dan kemenarikannya. Upaya ini dimaksudkan untuk menyiapkan kondisi belajar yang lebih baik sehingga dapat meningkatkan kualitas pembelajaran BI di sekolah.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherCV. Literasi Nusantara Abadien_US
dc.subjectliterasien_US
dc.subjectsains informasien_US
dc.subjectResearch Subject Categories::SOCIAL SCIENCES::Social sciences::Educationen_US
dc.titleLITERASI SAINS DAN MATERI PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIAen_US
dc.typeBooken_US
Appears in Collections:Faculty of Teacher Training and Education Book's

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
LITERASI SAINS DAN MATERI PEMBELAJARAN BAHASA Indonesia.pdfContent2.12 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.