Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/6060
Title: Telaah Pembelajaran Al-Qur'an Hadits Melalui Media Whatsapp Grup dalam Mengembangkan Keterampilan Membaca Al-Qur’an Peserta Didik di Man 2 Malang
Authors: Ananda, Aris
Keywords: Pendidikan Agama Islam
Telaah
Pembelajaran Al-Qur’an
Whatsapp Grup
Issue Date: 10-Jul-2021
Publisher: Universitas Islam Malang
Abstract: MAN 2 Malang merupakan salah satu lembaga kependidikan madrasah negeri yang menerapkan pembelajaran dengan jarak jauh dalam pelaksanaannya, sebagaimana adanya peraturan dari pemerintah pendidikan di era pandemi covid-19. Penelitian ini mengulas salah satu kajian guru mata pelajaran Al-Qur'an Hadits dalam mengembangkan kemampuan membaca Al-Qur'an melalui whatsapp grup kelas 12, seperti dalam pembelajarannya guru berinovasi untuk memaksimalkan pendidikannya melalui keterampilan dan metode kepada siswa dengan kondisi pembelajaran tersendiri agar berjalan efektif. dan efisien, namun berdasarkan kajian observasi, dokumentasi, dan wawancara terdapat sebagian kecil peserta didik yang kurang mampu beradaptasi dengan lingkungan kependidikan yang dilakasanakan secara virtual karena beberapa faktor kendala dan bacaan Al-Qur’an yang belum sesuai dengan kaidah tajwid dan makhorijul huruf, Dengan demikian kajian konteks diatas, maka beberapa fokus penelitian yakni: Pertama, bagaimana pelaksanaan pembelajaran quran hadits di MAN 2 Malang melalui media whatsapp ( Perencanaan, Pelaksanaan, dan Evaluasi). Kedua, Apa saja faktor yang menghambat pembelajaran Al-Qur’an dan bagaimana mengatasi permasalahan selama pelaksanaan pembelajaran daring melalui media pebelajaran whatsapp. Untuk menyelaraskan fokus konteks kajian, teknik pengumpulan data menggunakan pendekatan kualitatif, sebagaimana prosedur dan pelaksanaannya yakni melalui kegiatan observasi, dokumentasi, wawancara dengan peserta didik kelas 12 Bahasa, Agama, IPA, IPS kemudian guru Al-Qur’an Hadits kelas 12 serta wakil kepala madrasah bidang kurikulum dan pengajaran, selanjutnya untuk memfokuskan metode penelitian, penelitian ini menggunakan pendekatan jenis penelitian deskriptif kualitatif yaitu menyusun kajian pendekatan teoritis dari sub-bab dan deskripsi pembahasan hasil observasi penelitian lapangan. Sehingga kajian penelitian dapat disimpulkan tentang pembelajaran guru dalam mengembangkan kemampuan membaca Al-Qur'an siswa kelas 12 khususnya Madrasah Aliyah Negeri 2 Malang, melalui perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, serta permasalahan dan solusi jika ada kendala dalam proses pembelajaran. Berdasarkan temuan kajian penelitian di MAN 2 Malang yakni: pertama, Konsep RPP guru Al-Qur’an baik melalui whatsapp grup daring atau kelas luring . kedua, Pelaksanaan Pembelajaran oleh guru Al-Qur’an melalui whatsapp grub kelas, seperti: Kegiatan penanaman karakter giat membaca Al-Qur’an, dimulai dengan salam, menayakan kabar, kelengkapan media, membaca Al-Waqiah/Ar-rahman dan menshare gambar/kajian ayat berkaitan dengan pelajaran, Penerapan metode tahsin guru melalui voicenote whatsapp grup., Penugasan dan pengumpulan tugas bacaan Al-Qur’an melalu whatsapp, Penerapan kegiatan khotmil qur’an setiap pekan melalui list juz dan nama. Ketiga Evaluasi guru kepada peserta didik dalam pembelajaran Al-Qur’an pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits melalui whatsapp grup kelas 12 dengan menshare screenshot rubik penilian oleh guru melalui whatsapp grup dan Pemberian motivasi melalui hadits/ayat tentang semangat belajar.   Kata Kunci : Telaah, Pembelajaran Al-Qur’an, Whatsapp Grup
URI: http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/6060
Appears in Collections:UT - Islamic Education



Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.