Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/6170
Title: Membentuk Akhlakul Karimah melalui Pendidikan Karakter Peserta Didik di SMK Brantas Karangkates Malang
Authors: Al-Khaq, Muhammad Nahya Sururi
Keywords: Akhlakul karimah
pendidikan karakter
Issue Date: 8-Apr-2022
Publisher: Universitas Islam Malang
Abstract: Pendidikan pada dasarnya adalah upaya meningkatkan kemampuan sumber daya manusia supaya dapat menjadi manusia yang memiliki karakter dan dapat hidup mandiri. Berdasarkan hal tersebut, yang menjadi permasalahan dalam kajian ini adalah apakah pendidikan karakter dapat mewujudkan akhlak mulia? Dari rumusan masalah tersebut, tujuan kajian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pendidikan karakter dapat mempengaruhi akhlak mulia. Membangun karakter dan watak bangsa melalui pendidikan mutlak diperlukan, bahkan tidak bisa ditunda. Pendidikan karakter dapat berjalan efektif dan berhasil apabila dilakukan secara integral dimulai dari lingkungan rumah tangga, sekolah dan masyarakat. Karakter yang harus ditanamkan kepada peserta didik di antaranya adalah; cinta kepada Allah dan alam semesta beserta isinya, tanggungjawab, disiplin dan mandiri, jujur, hormat dan santun, kasih sayang, peduli, dan kerja sama, percaya diri, kreatif, kerja keras dan pantang menyerah, keadilan dan kepemimpinan, baik dan rendah hati, dan toleransi, cinta damai dan persatuan. Sedangkan akhlak mulia adalah keseluruhan kebiasaan manusia yang berasal dalam diri yang di dorong keinginan secara sadar dan dicerminkan dalam perbuatan yang baik. Dengan demikian apabila karakter-karakter yang luhur tertanam dalam diri peserta didik maka akhlak mulia secara otomatis akan tercermin dalam perilaku peserta didik dalam kehidupan keseharian. Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian yang digunakan adalah Studi kasus. Sumber data dari penelitian ini yaitu data primer yang berupa jawaban dari responden ketika wawancara dan data sekunder serta data lain yang mendukung dan berhubungan dengan penelitian. Metode pengumpulan data menggunkan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun analisis data menggunakan metode kondensasi (ringkasan), penyajian data dan penarikan kesimpulan.
URI: http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/6170
Appears in Collections:MT - Islamic Education



Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.