Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/6259
Title: Peran Orang Tua dalam Membentuk Karakter Anak di Dusun Klerek Desa Torongrejo Kecamatan Junrejo Kota Batu
Authors: Prantika, Tya Yusrani
Keywords: Pendidikan Agama Islam
Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Peran Orang Tua
Karakter
Disiplin
Issue Date: 8-Jul-2022
Publisher: Universitas Islam Malang
Abstract: Orang tua merupakan orang pertama yang merupakan tempat pendidikan bagi anak. Sosok ibu dan ayah adalah orang-orang yang memberikan semua kepada anaknya tanpa meminta jasa. Orang tua memiliki peran yang sangat penting dalam pendidikan anak, terutama dalam hal karakter. Berdasarkan observasi awal, bahwasanya orang tua sebagai orang yang pertama menjadi tempat pertama dan utama pendidikan anak diharapkan mampu memahami bagaimana cara membentuk karakter disiplin anak dengan baik. Maka dari itu peran orang tua dalam pendidikan karakter kedisiplinan sangat dibutuhkan melalui nasehat, memberikan teladan dengan perilaku baik, melakukan sistem pembiasaan, budaya berbicara antar orang tua dan anak, dan sistem pendidikan sejak usia dini agar mudah dalam membentuk karakter yang baik. Dari latar belakang penelitian diatas maka peneliti merumuskan masalah tentang apa saja perencanaan orang tua dalam melaksanakan peran untuk membentuk karakter disiplin anak, cara orang tua dalam melaksanakan perannya, faktor pendukung dan penghambat orang tua dalam melaksanakan peran untuk membentuk karakter disiplin anak. Tujuan dari penelitian ini yaitu mengetahui apa saja perencanaan orang tua dalam melaksanakan peran untuk membentuk karakter disiplin anak, mengetahui cara orang tua dalam melaksanakan perannya, dan mengetahui faktor pendukung dan penghambat orang tua dalam melaksanakan peran untuk membentuk karakter disiplin anak. Untuk mencapai tujuan tersebut maka peneliti menggunakan jenis penelitian kualitatif. Prosedur pengumpulan data menggunakan metode observasi partisipatif pasif yaitu pengamatan terhadap peristiwa atau fenomena yang terjadi terkait dengan penelitian, metode wawancara terstruktur yang merupakan metode pengumpulan data yang dilakukan dengan memberikan beberapa pertanyaan secara lisan kepada narasumber dan metode dokumentasi yaitu peneliti melakukan dokumentasi saat pelaksanaan kegiatan penelitian sebagai bukti fisiknya.. Dari usaha-usaha yang dilakukan orang tua yaitu melalui perencanaan orang tua dalam membentuk karakter anak, pelaksanaan dalam membentuk karakter anak yang dilakukan orang tua didapatkan hasil temuan bahwasanya akan meningkatkan kemajuan dalam pembentukan karakter anak terutama dalam kedisiplinan anak dari orang tua atau lingkungan keluarga. Faktor-faktor yang mendukung dari peran orang tua terhadap pembentukan karakter anak yaitu dari lingkungan keluarga itu sendiri, dari masyarakat dan dari lingkungan sekolah. Faktor yang menghambat baik eksternal maupun internal yaitu kurangnya kesadaran perhatian orang tua terhadap anak dalam hal karakter. Hal yang perlu diperhatikan sebagai saran-saran yaitu bagaimana langkah ke depannya para orang tua melaksanakan peran-perannya dalam pembentukan karakter disiplin anak dengan cara yang lebih baik lagi dengan hasilnya memuaskan yang berdampak baik terhadap anak. Kata Kunci : Peran Orang Tua, Karakter, Disiplin
URI: http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/6259
Appears in Collections:UT - Madrasah Ibtidaiyah Teacher Education



Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.