Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/6396
Title: Peran Guru Akidah Akhlaq dan Guru Bimbingan Konseling dalam Pembinaan Kedisiplinan Siswa di Kelas VIII MTs Wahid Hasyim 01 Dau Malang
Authors: Alwi, Samsuddin
Keywords: Pendidikan Agama Islam
Guru
Akidah-Akhlaq
Bimbingan Konseling
Pembinaan Kedisiplinan
Issue Date: 5-Jan-2023
Publisher: Universitas Islam Malang
Abstract: Penelitian ini membahas tentang peran guru akidah akhlak dan guru bimbingan konseling dalam pembinaan kedisiplinan siswa, dan bertujuan untuk mengetahui permasalahan kedisiplinan siswa, untuk mengetahui peran guru akidah ahklak dan guru bimbingan konseling dalam pembinaan kedisiplinan siswa, proses penerapan pembinaan kedisiplinan siswa ole guru akidah akhlak dan guru bimbingan konseling di kelas VIII MTs Wahid Hasyim 01 Dau Malang dan untuk mengetahui apa saja faktor dan penghambat guru akidah akhlak dan guru bimbingan konseling dalam pembinaan kedisiplinan Siswa, Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode penelitian lapangan. Sedangkan pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil temuan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa peran guru akidah akhlak dan guru bimbingan konseling di MTs Wahid Hasyim 01 Dau Malang berjalan dengan baik, hal ini dibuktikan dengan adanya benuk-bentuk Karakter disiplin siswa yang dimana peneliti temukan dilapangan diantaranya: Disiplin menegakkan aturan, Disiplin waktu, Dan disiplin beribadah. Selain itu peneliti juga menemukan proses penerapan pembinaan kedisiplinan siswa dalam bentuk pembinaan sholat dhuha, apel pagi, penertiban tata tertib, pembelajaran. Kemudian faktor penghambat dalam pembentukan karakter disiplin siswa diantaranya: adanya kerja sama orang tua yang kurang baik, pengawasan guru dengan siswa yang terbatas, pengaruh pergaulan dari teman-teman. Kata Kunci : Guru, Akidah-Akhlaq, Bimbingan Konseling, Pembinaan Kedisiplinan.
URI: http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/6396
Appears in Collections:UT - Islamic Education



Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.