Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/6416
Title: Peningkatan Ketrampilan Menulis Cerita Pendek Menggunakan Pembelajaran Berbasis Pengalaman pada Siswa Kelas IX SMP PGRI 01 Ngajum
Authors: Utami, Sri
Keywords: Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Peningkatan Ketrampilan Menulis
Cerita Pendek
Pembelajaran Berbasis Pengalaman
Siswa Kelas IX
SMP PGRI 01 Ngajum
Issue Date: 12-Nov-2022
Publisher: Universitas Islam Malang
Abstract: Menulis adalah ketrampilan berbahasa yang harus dikuasai siswa. Menulis dapat meningkatkan ketrampilan intelektual, mengembangkan kepribadian, dan memperluas wawasan kehidupan. Kenyataanya, setelah dilakukan observasi terungkap bahwa kemampuan ketrampilan menulis cerita pendek siswa kelas IX SMP PGRI 01 Ngajum masih rendah dan perlu ditingkatkan. Peningkatan kemampuan ketrampilan menulis cerita pendek belum bisa dilaksanakan karena siswa masih belum menguasai materi dan siswa merasa sulit untuk menulis cerita pendek. Penelitian ini menggunakan kualitatif, sedangkan jenis penelitian yang digunakan adalah tindakan kelas. Penelitian tindakan kelas ini terdiri dari empat tahapan, yaitu: tahap perencanaan, pelaksanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah kelas XI SMP PGRI 01 Ngajum tahun pelajaran 2022/2023 yang berjumlah 24 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari : (1) tes akhir siklus (2) observasi (3) wawancara. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif dianalisis dengan teknik analisis siswa. Sedangkan data kualitatif dianalisis menggunakan data analisis kualitatif yang meliputi: (1) data reduksi (2) penyajian data, dan (3) penarikan simpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan menulis cerita pendek dapat ditingkatkan mengunakan model pembelajaraan pengalaman pribadi. Hal ini dapat diketahui bahwa presentase ketuntasan belajar siswa pada tes siklus I mencapai 68,05% dan pada siklus II mencapai 73,06 %, untuk lembar observasi aktifitas siswa pada siklus I 32%. Pada siklus II aktifitas siswa mengalami peningkatan menjadi 38%. Lembar observasi pengelolaan pembelajaran siklus I 67,29% pada lembar observasi pembelajaran siklus II 72,75%. Dapat disimpulkan bahwa penerapan metode pembelajaran berbasis pengalaman pribadi dapat meningkatkan ketrampilan menulis cerita pendek siswa kelas IX SMP PGRI 01 Ngajum. Dari data tersebut dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran pengalaman pribadi merupakan salah satu inovasi dalam memperbaiki kualitas proses belajar mengajar yang bertujuan untuk membantu siswa agar dapat belajar mandiri dan kreatif, sehingga siswa dapatmemperoleh pengetahuan, ketrampilan dan sikap yang dapat membentuk kepercayaan diri siswa. Kata Kunci : Peningkatan Ketrampilan Menulis, Cerita Pendek, Pembelajaran Berbasis Pengalaman, Siswa Kelas IX, SMP PGRI 01 Ngajum
URI: http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/6416
Appears in Collections:UT - Indonesian Language Education



Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.