Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/6595
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorHatapayo, Sriyati Hafifah-
dc.date.accessioned2023-03-03T03:22:58Z-
dc.date.available2023-03-03T03:22:58Z-
dc.date.issued2023-01-05-
dc.identifier.urihttp://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/6595-
dc.description.abstractBerbicara tentang karakter Religius, bahwa karakter Religius merupakan perilaku umat manusia yang memiliki kaitan erat dengan sesama manusia, lingkungan sekitar mereka dan bahkan kepada Tuhan yang maha Esa, pendidikan di madrasah tidak hanya semata-mata hanya membahas tentang pentransferan ilmu pengetahuan, namun pendidikan juga mengajarkan bagaiana anak berperilaku dan memiliki akhlaq yang baik dengan Indonesia yang sering memperlihatkan kehausan akan moralitas hingga minim karakter yang tengah menimpa negara ini, sehingga tujuan pendidikan itu tidak hanya sebatas kemampuan dan inoformasi yang didapatkan saja namun bagaiamana cara untuk memanusiakan manusia dan bagaimana kebaikan-kebaikan yang didapatkan itu diterapkan dan diajarkan kembali kepada orang lain. Pembentukan Karakter religius melalui Tahfidzul Qur’an ini merupakan salah satu perencanaan dan strategi yang dilakukan di MIN 4 Maluku Tengah dalam rangka menghasilkan generasi yang berkarakter, berakhlaqul karimah dan mencintai Al-Qur’an, hal ini bukan merupakan salah satu yang mudah untuk digapai, karena membutuhkan effort, butuh waktu dan proses pembiasaan yang intensif dan alternative yang baik pula. Rumusan masalah yang akan peneliti bahas yaitu meliputi 1) Bagaimana Perencanaan Pembentukan Karakter Religius Siswa melalui Tahfidzul Qur’an di Min 4 Maluku Tengah; 2) Bagaimana Pelaksanaan Pembentukan Karakter Religius Siswa melalui Tahfidzul Qur’an di Min 4 Maluku Tengah dan 3) Bagaimana Evaluasi Pembentukan Karakter Religius Siswa melalui Tahfidzul Qur’an di Min 4 Maluku Tengah. Adapun tujuan dari penelitian ini yakni 1) mendeskripsikan Perencanaan Pembentukan Karakter Religius Siswa melalui Tahfizul Qur’an di MIN 4 Maluku Tengah; 2) Mendeskripsikan Pelaksanaan Pembentukan Karakter Religius Siswa melalui Tahfidzul Qur’an di MIN 4 Maluku Tengah dan 3) Mendeskripsikan Evaluasi Pelaksanaan Pembentukan Karakter Religius Siswa melalui Tahfidzul Qur’an di MIN 4 Maluku Tengah. Pada penelitian ini peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus dengan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, metode wawancara, dan metode dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa, 1) Perencanaan Pembentukan Karakter Religius Siswa melalui Tahfizul Qur’an di MIN 4 Maluku Tengah diantaranya: a) memilih pendidik yang berkarakter, b) menentukan tujuan pembentukan karakter religius, c) menentukan strategi pembentukan karakter religius; 2) Pelaksanaan Pembentukan Karakter Religius Siswa melalui Tahfidzul Qur’an di MIN 4 Maluku Tengah diantaranya: a) pembiasaan berdoa, b) pembiasaan muroja’ah, c) pembiasaan menyetor hafalan, d) pembiasaan penugasan dan 3) Mendeskripsikan Evaluasi Pelaksanaan Pembentukan Karakter Religius Siswa melalui Tahfidzul Qur’an di MIN 4 Maluku Tengah diantaranya: a) evaluasi semester, b) evaluasi mingguan. Kata Kunci: Karakter Religius, Tahfidzul Qur’anen_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherUniversitas Islam Malangen_US
dc.subjectPendidikan Agama Islamen_US
dc.subjectPendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyahen_US
dc.subjectKarakter Religiusen_US
dc.subjectTahfidzul Qur’anen_US
dc.titlePembentukan Karakter Religius Siswa Melalui Tahfiz Qur’an di MIN 4 Maluku Tengahen_US
dc.typeOtheren_US
Appears in Collections:UT - Madrasah Ibtidaiyah Teacher Education



Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.