Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/6636
Title: Faktor Neurologis dalam Penguasaan Bahasa Kedua (Bahasa Arab) pada Anak Autis di SLB PGRI Kedungwaru Tulungagung
Authors: Fadil, Moh Sibawaihul
Keywords: penguasaaan bahasa
fonetik
Issue Date: 2-Nov-2022
Publisher: Universitas Islam Malang
Abstract: Berbahasa merupakan sarana utama manusia dalam berkomunikasi dan berinteraksi dengan lingkungan masyarakat. Walaupun bukan satu-satunya alat komunikasi yang digunakan oleh manusia, bahasa memiliki kedudukan paling utama dan penting bagi manusia untuk berkomunikasi. Setiap individu yang dilahirkan di dunia pasti akan mengalami fase memperoleh bahasa sebagai kamunikasi, sehingga dalam praktiknya manusia akan mengalami proses menguasai bahasa ibu dan bahasa keduanya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan karakteristik anak hambatan neurologis (autis); mendeskripsikan peguasaan bahasa kedua bahasa Arab pada anak berkebutuhan khusus autis dari segi fonetik; dan mendeskripsikan penguasaan bahasa kedua bahasa Arab pada anak berkebutuhana khusus autis dari segi fonemik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif untuk menganalisis faktor neurologis dalam penguasaan bahasa kedua bahasa Arab pada anak autis di SLB PGRI Kedungwaru Tulungagun. Dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif, penelitian ini dilakukan dengan cara menekankan pada suatu aspek atau pembahasan tertentu secara mendalam yang berbentuk deskriptif kata atau kalimat dituturkan oleh anak berkebutuhan khusus autis. Untuk memperoleh informasi data yang relevan dari penelitian ini, maka, sumber data yang didapatkan melalui observasi di SLB PGRI Kedungwaru Tulungagung berupa wawancara terhadap anak berkebutuhan khusus autis. Sumber data yang diperoleh peneliti berupa simbol bunyi dimensi bahasa Arab. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini perekaman penguasaan bahasa kedua bahasa Arab pada anak berkebutuhan khusus autis. Kemudian mencatat data yang berupa frasa, klausa, dan kalimat yang dilafalakan oleh anak bekebutuhan khusus autis, dan yang terakhir adalah transkip data yang berupa hasil dari wawancara dan rekaman pelafalan dalam penguasaan bahasa kedua. Hasil dari penelitian ini ada tiga hal penting, yaitu (1) Karakteristik anak autis yang cenderung memiliki kebiasaan kurang fokus saat belajar, mudah marah, tidak suka kontak mata, tidak merespon saat dipanggil, dan komunikasi yang lemah. (2) Penguasaan bahasa kedua bahasa Arab pada anak autis dalan kajian fonetik berupa bunyi konsonan Bahasa Arab dan penghasil bunyi, didapatkan beberapa bunyi yang diujarkan tidak sesaui dengan kaidah pelafalannya sepertihalnya kata ث] tsa’] berubah menjadi ش] sya] yang diakibatkan geseran yang dibentuk dari penyempitan jalan arus udara yang dihembuskan dari paru paru sehingga jalan keluar terhalang. (3) Penguasaan bahasa kedua bahasa Arab pada anak autis dalam kajian fonemik berupa modifikasi vokal, penggantian bunyi, geminasi (peringanan pengucapan), dan disimilasi (pembedaan). Berdasarkan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa karakteristik anak autis di SLB PGRI Kedungwaru memiliki kebiasaan kurang fokus saat belajar, mudah marah, tidak suka kontak mata, tidak merespon saat dipanggil, dan lemah dalam komunikasi, penguasaan bahasa keduanya dipengaruhi oleh ketidak sempurnaan pada pusat saraf yang dialamni oleh anak berkebutuhan khusus autis. Penguasaan bahasa kedua bahasa Arab pada anak autis dalan kajian fonetik berupa bunyi konsonan Bahasa Arab dan penghasil bunyi, didapatkan beberapa bunyi yang diujarkan tidak sesaui dengan kaidah pelafalannya sepertihalnya kata ث] tsa’] berubah menjadi ش] sya] yang diakibatkan geseran yang dibentuk dari penyempitan jalan arus udara yang dihembuskan dari paru-paru sehingga jalan keluar terhalang. Penguasaan bahasa kedua bahasa Arab pada anak autis dalam kajian fonemik berupa modifikasi vokal, penggantian bunyi, geminasi (peringanan pengucapan), dan disimilasi (pembedaan). Dari hasil penelitian ini disarankan kepada guru di Lembaga SLB PGRI Kedungwaru sebagai pedoman pembelajaran yang berkaitan dengan karekateristik anak autis, pemerolehan bahasa kedua bahasa Arab dalam kajian fonetik dan fonemik, bagi pembaca dapat dijadikan referensi, bagi peneliti selanjutnya agar dapat dijadikan landasan dan pengembangan secara mendalam penelitian penguasaan bahasa dari segi fonetik dan fonemik.
URI: http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/6636
Appears in Collections:MT - Indonesian Education



Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.