Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/724
Title: Internalisasi Nilai-Nilai Multikultural melalui Kegiatan Keagamaan di Sekolah (Study Kasus di SMAN 1 Grati Kabupaten Pasuruan)
Authors: Muzammil, Ahmad
Keywords: Internalisasi Nilai Multikultural
Kegiatan Keagamaan
Internalization of Multicultural Values
Religious Activities
Issue Date: 10-Aug-2020
Publisher: Universitas Islam Malang
Abstract: Intoleransi berawal dari minimnya pemahaman tentang agama dan minimnya keasadaran tentang perbedaan. Peserta didik di sekolah tingkat lanjutan relatif mudah dipengaruhi oleh lingkungan dan menjadi target potensial perekrutan oleh kelompok radikalisme yang mengatasnamankan agama. Maraknya fenomena Islam garis keras di masyarakat merupakan tantangan bagi sekolah untuk ikut menanamkan nilai-nilai multikultural kepada peserta didik. Lingkungan sekolah yang ditanamkan nilai-nilai multikultural akan memberikan warna bagi peserta didik yang berkarakter religius, tasamuh dan tawasuth. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan internalisasi nilai-nilai multikultural melalui kegiatan keagamaan di SMAN 1 Grati, proses pemberian pengetahuan tentang moral dalam menanamkan nilai-nilai multikultural melalui kegiatan keagamaan di SMAN 1 Grati, proses menumbuhkan kesadaran tentang moral dalam menanamkan nilai-nilai multikultural melalui kegiatan keagamaan di SMAN 1 Grati, proses melatih melakukan kebiasaan baik dalam menanamkan nilai-nilai multikultural melalui kegiatan keagamaan di SMAN 1 Grati. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data melalui informasi, data dan fakta secara langsung pada objek penelitian, baik melalui wawancara observasi maupun dokumentasi. Sumber data dalam peneltian ini adalah Kepala Sekolah, Wakil Kepala Sekolah, guru mata pelajaran Pendidikan Agama Islam, serta peserta didik. Sedangkan data sekunder melaui studi literatur/kepustakaan yang ada hubungannya dengan topik yang akan diteliti. Analisis menggunakan deskriptif-kualitatif yang menggambarkan dan menginterpretasikan arti data-data yang telah terkupul dengan memberikan perhatian dan merekam sebanyak mungkin aspek situasi yang diteliti pada saat itu, sehingga memperoleh gambaran secara umum dan menyeluruh tentang keadaan sebenarnya. Langkah-langkah dalam menganalisis data dalam penelitian ini adalah collection data, reduction data dan display data. Selanjutnya dilakukan pemeriksaan melalui trianggulasi metode, yaitu dengan cara membandingkan data hasil pengamatan dengan hasil wawancara, data hasil wawancara dengan dokumentasi dan data hasil pengamatan dengan dokumentasi. Hasil penelitian ditemukan bahwa : nilai-nilai yang dijadikan dasar kegiatan keagamaan di SMAN 1yakni nilai-nilai religius, menanamkan sikap tasamuh (toleransi) dan menanamkan sikap tawasuth (moderat) melalui proses pemberian pengetahuan tentang moral, proses menumbuhkan kesadaran moral dan proses melatih melakukan kebiasaan baik dalam menanamkan nilai-nilai multikultural melalui kegiatan keagamaan di SMAN 1 Grati. Kegiatan keagamaan yang diteliti adalah kegiatan tilawatul Qur‟an, kegiatan Jum‟at legi, buletin Islami dan kegiatan peringatan hari besar Islam, meliputi peringatan Isra‟ Mi‟raj dan Maulid Nabi Muhammad saw.
URI: http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/724
Appears in Collections:MT - Islamic Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
TERPISAH_S2_MPI_21602011001_AHMAD MUZAMMIL.pdfCover, Abstrak, Bab I, Bab VI, Daftar Pustaka1.97 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.