Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/741
Title: Implementasi Program Baca Tulis Al-Qur'an (BTQ) Metode Tilawati di Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Ulum Kota Batu
Authors: Aini, Binti Nur
Keywords: Pendidikan Agama Islam
Pendidikan Metode Tilawati
Issue Date: 22-Jun-2020
Publisher: Universitas Islam Malang
Abstract: Dewasa ini banyak dari Sekolah maupun Madrasah memiliki program wajib maupun ekstrakulikuler Baca Tulis Al-Qur’an, program tersebut lahir dari keinginan orang tua, guru dan masyarakat. Mereka mengamati bahwasanya peserta didik zaman sekarang mulai jauh dari Al-Qur’an yang menjadi pedoman hidupnya. Disamping itu di negara kita banyak sekali macam-macam metode membaca Al-Qur’an, salah satunya adalah metode tilawati. Metode tilawati ini membawa keunikan dan memiliki ciri khas lagu rost. Sehingga metode ini tidak hanya mementingkan aturan-aturan makhrijul huruf, hukum tajwid, ghorib, tetapi metode ini juga mementingkan keindahan lagu dalam membaca Al-Qur’an. Hal tersebutlah yang melatar belakangi MI Miftahul Ulum untuk membentuk kegiatan atau program BTQ menggunakan metode tilawati yang dapat mencetak generasi anak bangsa yang mencintai Al-Qur’an sejak dini. Berdasarkan konteks penelitian di atas, maka terdapat beberapa rumusan masalah atau fokus penelitian yakni: pertama, mengenai perencanaan program Baca Tulis Qur’an metode tilawati di Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Ulum Kota Batu. Kedua, mengenai pelaksanaan program Baca Tulis Qur’an metode tilawati. Ketiga, mengenai evaluasi program Baca Tulis Qur’an metode tilawati. Untuk menyelesaikan permasalahan dari tiga persoalan di atas, maka dilakukan penelitian dengan pendekatan kualitatif. Prosedur pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tiga metode pertama, metode wawancara yang mana peneliti melakukan wawancara kepada kepala madrasah, penanggung jawab program BTQ metode tilawati dan guru pengampu tilawati. Kedua, observasi yang mana peneliti langsung datang ke lokasi penelitian di MI Miftahul Ulum Kota Batu mengamati aktivitas pelaksanaan pembelajaran BTQ metode tilawati. Ketiga, dokumentasi dalam hal ini peneliti mencari data dokumen resmi mengenai fokus penelitian. Berdasarkan fokus penelitian di atas, maka ditemukan hasil penelitian sebagai berikut: pertama, perencanaan di MI Miftahul ulum disusun dengan baik yakni perencanaan dimulai dengan tujuan yang jelas, menetapkan metode pembelajaran Al-Qur’an yang tepat yakni metode tilawati, menyiapkan beberapa sarana yang diperlukan, penunjukkan orang yang bertanggung jawab atas program tersebut, melakukan kerjasama dan perjanjian MOU dengan metode tilawati. Kedua, pelaksanaan pembelajaran di MI Miftahul Ulum memenuhi standar kriteria yang telah ditetapkan oleh metode tilawati seperti pembelajaran diajarkan secara klasikal menggunakan peraga dan secara indvidual dengan teknik baca simak. ketiga, evaluasi program di MI Miftahul Ulum dilakukan dengan 2 cara yakni evaluasi harian yang diikuti oleh seluruh guru pengampu tilawati dan vi evaluasi setiap semester yang diikuti oleh penanggungjawab program BTQ bersama kepala madrasah. Berdasarkan pembahasan pada paragraf di atas, maka diambil kesimpulan bahwa di MI Miftahul Ulum memiliki perncanaan program pembelajaran yang baik sehingga kegiatan pelaksanaan pembelajaran Al-Qur’an metode tilawati dapat berjalan dengan baik. Adapun pelaksanaan program BTQ metode tilawati di MI Miftahul Ulum hampir secara keseluruhan sesuai dengan kriteria yang telah ditetapkan oleh metode tilawati. Evaluasi yang diterapkan di MI Miftahul Ulum juga tersusun baik sehingga selalu ada perkembangan yang membangun. Kata kunci : Implementasi, Perencanaan, Pelaksanaan, Evaluasi, Tilawati
URI: http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/741
Appears in Collections:UT - Madrasah Ibtidaiyah Teacher Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SI_FAI_21601013065_BINTI NUR AINI.pdfCOVER - ABSTRAK - BAB PENDAHULUAN - BAB PENUTUP - DAFTAR PUSTAKA2.08 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.