Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/7526
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorKamilullah, Syarif-
dc.date.accessioned2023-07-11T01:44:35Z-
dc.date.available2023-07-11T01:44:35Z-
dc.date.issued2023-05-31-
dc.identifier.urihttp://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/7526-
dc.description.abstractJembatan merupakan salah satu bagian jalan yang berfungsi sebagai penghubung dua jalan yang terpisah karena rintangan seperti sungai, lembah, laut, jalan raya dan rel kereta api. Jembatan merupakan komponen penting dalam bidang infrastruktur. Jembatan ringin bandulan merupakan salah satu jembatan pada jalur lintas selatan yang terletak pada perbatasan kabupaten Blitar-Tulungagung. Terdapat salah satu bentang 50 m pada jembatan tersebut yang dialternatifkan dari struktur PCI Girder menjadi struktur Rangka Baja. Terdapat berbagai tipe jembatan sesuai dengan kebutuhan pada pembangunan infrastruktur tersebut. Dengan kebutuhan bentang relatif panjang bisa menggunakan jembatan dengan tipe rangka baja. Adapun standar perencanaan yang digunakan pada perencanaan alternatif ini yaitu Rsni-1725-2016, Rsni-T-03-2005, Rsni-2833-2016. Adapula perumusan dari peneliti terdahulu untuk menghitung bagian-bagian struktur pada jembatan. Untuk keperluan desain dan analisis struktur pada gelagar induk rangka baja menggunakan bantuan aplikasi AutoCAD dan SAP 2000 V12.0. Hasil alternatif perencanaan jembatan rangka baja pada jembatan ringin bandulan adalah menggunakan tulangan rangkap D19-125 mm. Pada gelagar memanjang, melintang dan induk menggunakan WF 350x175x7x11, WF 900x300x16x28 dan WF 350x350x16x16, adapun gelagar ikatan angin atas menggunakan WF 175x90x5x8, dengan gelagar diagonal tarik dan tekan untuk ikatan angin atas menggunakan L 75x75x10, serta gelagar diagonal tarik dan tekan untuk ikatan angin bawah menggunakan L 75x75x10. Hasil perhitungan abutment dengan lebar 7,6 m dan 13,6 m, pada penulangan I : pada gaya vertikal D32-100 mm dan gaya horizontal D19-125 mm, penulangan II : D19-50 mm dan penulangan III : D22-75 mm. dan pada pondasi menggunakan tiang pancang dengan diameter 40 cm, kedalaman 49 m, tulangan pokok 14 D19 dan tulangan spiral D16-50 mm. Kata kunci : Jembatan Rangka Baja Warren Truss, Ringin Bandulan.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherUniversitas Islam Malangen_US
dc.subjectTekniken_US
dc.subjectTeknik Sipilen_US
dc.subjectJembatan Rangka Baja Warren Trussen_US
dc.subjectRingin Bandulanen_US
dc.titleStudi Alternatif Perencanaan Struktur Rangka Jembatan Baja Ringin Bandulan Kecamatan Bakung Kabupaten Blitaren_US
dc.typeOtheren_US
Appears in Collections:UT - Civil Engineering



Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.