Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/7693
Title: Pengembangan Media Scrapbook Berbasis Karakter Ramah Anak untuk Meningkatkan Berfikir Siswa MI Islamiyah Kebonsari Malang
Authors: Sani, Sovy Shafira
Keywords: Pengembangan
Kreatif
Ramah
Scrapbook
Berfikir
Issue Date: 18-Jul-2023
Publisher: Universitas Islam Malang
Abstract: Pendidikan merupakan salah satu cara untuk mempertingi pola berfikir sumber daya manusia, dengan adanya proses pengembangan dalam suatu pembelajaran maka akan menambah wawasan maupun pengalaman serta mengembangkan potensi minat bakat yang dimilikinya. Hal tersebutlah yang melatarbelakangi MI Islamiyah Kebonsari untuk belajar secara kreatif dan mengembangkan tingkat belajar melalui media scrapbook ini bahkan dapat menarik perhatian peserta didik agar pembelajaran mudah untuk dipahami. Menurut Amin (1995:11) anak yang memiliki keterbatasan berfikir dalam hal-hal yang abstrak atau sulit oleh sebab itu kemmapuan belajarnya berkembang seoptimal mungkin, maka dalam pembelajaran pendidik menekankan pembelajaran yang menyenangkan dan menarik supaya pembelajaran mudah berkesan atau membekas dalam ingatan peserta didik. Berdasarkan hasil uji coba kepada ahli media, ahli materi, ahli pengguna (guru) serta uji coba lapangan terhadap peserta didik MI Islamiyah Kebonsari bahwasanya media ini layak untuk digunakan dalam suatu proses kegiatan pembelajaran dan memiliki sedikit adanya perbaikan. Selain mendapatkan data kuantitatif peneliti juga mendapatkan data kualitatif berupa saran dan komentar. Bahwasanya dari latar belakang penelitian diatas maka peneliti merumuskan masalah, yakni tentang cara pengembangan media scrapbook bahkan kelayakan media scrapbook berbasis karakter ramah anak untuk meningkatkan berfikir siswa MI Islamiyah Kebonsari. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan produk media berupa scrapbook yang valit menurut dari para ahli materi, ahli media dan ahli pengguna (guru) pada karakter berbasis ramah anak serta dapat menghasilkan produk yang layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran yang berupa media scrapbook agar lebih menarik perhatian para peserta didik. Mencapai suatu tujuan penelitian dilakukan menggunakan penelitian yang berjenis pengembangan (research and development) serta menggunakan model ADDIE yang mempunyai beberapa tahapan yaitu : tahap analisis (analysis), tahap desain (design), tahap pengembangan (development), tahap implementasi (implementation), serta tahap evaluasi (evalutation). Peneliti menggunakan media scrapbook menjadi produk yang mampu dioperasikan oleh peserta didik yang terbilang relative mudah untuk dipahami siswa kelas 3 MI Islamiyah Kebonsari. Peserta didik ketika sedang melakukan proses pembelajaran tematik subtema pertumbuhan serta perkembangan tumbuhan sering kali kurang memahami isi materi yang terdapat di dalam buku tematik tersebut, Sebagian anaka masih sering keliru dalam mengerjakan suatu soal Latihan yang telah diberikan oleh pendidik. Oleh karena itu, pendidik kelas 3 MI Islamiyah Kebonsari menyarankan untuk menggunakan media scrapbook atau bisa juga menggunakan media video pembelajaran agar siswa dapat mengingat materi tersebut. Penelitian ini dapat dilihat dari beberapa penelitian terdahulu yang sudah relevan dan banyak mneliti tentang produk scrapbook. Menurut Asmaritha (2021) penelitian ini menggunakan media scrapbook yang sangat berpengaruh pada minat belajar siswa serta belajar keterampilan berfikir peserta didik. Disparitas penelitian ini dengan penelitian sebelumnya merupakan terletak pada jenjang kelas serta tema dan subtema. Penelitian pengembangan merupakan upaya untuk mengembangkan suatu produk yang efektif supaya media dapat dimanfaatkan oleh sekolahan, tujuannya tidak diperuntukkan menguji teori tetapi penelitian Pendidikan serta pengembangan merupakan proses yang diterapkan guna untuk mengembangkan dan menvalidasi produk dalam suatu bidang Pendidikan. Metode penelitian lebih diartikan sebagai cara ilmiah untuk mendapatkan data dengan tujuan dan kegunaan tertentu (Sugiyono, 2011). Metode penelitian secara luas dapat berarti desain atau rancangan penelitian yang berisikan rumusan tentang objek dan subjek yang akan diteliti, teknik-teknik pengumpulan data, prosedur pengumpulan data dan analisis ddata berkenaan dengan focus masalah tertentu (Sukmadinata,2011) Berdasarkan hasil analisis dan hasil revisi media scrapbook pendidik diharapkan untuk mengantisipasi ketika adanya siswa yang kurang paham akan materi pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan. Sebelum media scrapbook disebarluaskan sebaiknya peneliti memperbaiki media scrapbook tersebut dari segi materi, gambar, dan halaman. Produk media scrapbook ini masih banyak kekurangan dalam hal pembuatan dan penggunaannya, produk pengembangan media scrapbook ini sebaiknya dikembangkan lebih lanjut oleh peneliti selanjutnya dengan materi-materi lain yang berkaitan dengan pembelajaran tematik dengan suasana atau pendekatan yang lebih baik sesuai dengan karakteristik bidang studi. Kata Kunci : Pengembangan, Kreatif, Ramah, Scrapbook, Berfikir.
URI: http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/7693
Appears in Collections:UT - Madrasah Ibtidaiyah Teacher Education



Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.