Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/7700
Title: Pemanfaatan Perpustkaan Sekolah sebagai Sumber Belajar Pembelajaran Tematik Kelas 3 di MI Miftahul Ulum Ampeldento
Authors: Afifah, Ibtidaun Nur
Keywords: Pemanfaatan
Perpustakaan Sekolah
Sumber Belajar Tematik
Issue Date: 4-Jul-2023
Publisher: Universitas Islam Malang
Abstract: Perpustakaan merupakan lembaga yang menghimpun pustaka dan menyediakan sarana bagi orang untuk memanfaatkan koleksi pustaka tersebut. Perpustakaan dikelola oleh petugas perpustakaan yang melaksanakan kegiatan perpustakaan dengan memberikan pelayanan kepada siswa sesuai dengan tugas lembaga yang dimilikinya melalui pendidikan. Sumber belajar memiliki makna bagi siswa siswi apabila sumber belajar tersebut diorganisir melalui rancangan yang memungkinkan seseorang dapat memanfaatkan sebagai sumber belajar. Jika tidak, maka tempat atau lingkungan alam sekitar. Maka, dengan adanya perpustakaan sekolah sebagai sumber belajar pembelajaran tematik kelas 3 di MI Miftahul Ulum Ampeldento, keberadaan perpustakaan bukan hanya untuk sebatas tempat meminjam buku. Tetapi perpustakaan adalah sumber belajar yang mengahasilkan sebuah progam budaya yaitu progam budaya membaca. Tujuan penelitian ini adalah (1) bagaimana perencanaan pemanfaatan perpustakaan sekolah sebagai sumber belajar pembelajaran tematik kelas 3 di MI Miftahul Ulum Ampeldento (2) bagaimana proses pemanfaatan perpustakaan sekolah sebagai sumber belajar pembelajaran tematik kelas 3 di MI Miftahul Ulum Ampeldento (3) bagaimana evaluasi pemanfaatan perpustakaan sekolah sebagai sumber belajar pembelajaran tematik kelas 3 di MI Miftahul Ulum Ampeldento. Penelitian ini dilakukan di MI Miftahul Ulum Ampeldento menggunakan pendekatan penelitian kualitatif yaitu dengan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Data yang dikumpulkan dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang terkumpul dengan berupa kata-kata dianalisis dengan di reduksi, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian dilapangan menunjukan bahwa: 1) mendeskripsikan perencanaan pemanfaatan perpustakaan sekolah sebagai sumber belajar pembelajaran tematik kelas 3 di MI Miftahul Ulum Ampeldento adalah perencanaa perpustakaan sangat penting untuk dilakukan agar selalu dapat pelayanan tersendiri dari petugas perpustakaan. Perencanaan Perpustakaan kedepannya menginginkan lebih memaksimalkan kerjasama sama dengan guru kelas, biar anak-anak lebih bisa memanfaatkan perpustakaan sebagai sumber belajar yang maksimal. Demi terwujudnya dengan memaksimalkan perpustakaan sebagai sumber belajar pembelajaran, dan proses pelayanannya di perpustakaan, maka dibuatkan suatu kebijakan oleh perpustakaan sekolah untuk mengatur segala tindakan untuk melatih kedisiplinan siswa. 2) mendeskripsikan proses pemanfaatan perpustakaan sekolah sebagai sumber belajar pembelajaran tematik kelas 3 di MI Miftahul Ulum Ampeldento adalah ada tiga proses pemanfaatan perpustakaan sekolah yaitu: perpustakaan sebagai sumber belajar terutama pembelajaran tematik bagi siswa kelas 3, perpustakaan sebagai sarana prasarana, perpustakaan mempunyai jadwal dan peraturan tersendiri bagi siswa. 3) evaluasi kelebihan dari pemanfaatan perpustakaan sebagai sumber belajar pembelajaran tematik yaitu ruangan yang memadai, petugas perpustakaan, progam khusus, jadwal kunjungan, kartu untuk meminjam buku. Sedangkan evaluasi dari kekurangan kurangnya baca minat siswa sehingga perpustakaan sekolah tidak termanfaatkan dengan maksimal, kurangnya waktu berkunjung ke perpustakaan, dan ketergantungan mood siswa yang mudah berubah. Kata Kunci : Pemanfaatan, Perpustakaan Sekolah, Sumber Belajar Tematik
URI: http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/7700
Appears in Collections:UT - Madrasah Ibtidaiyah Teacher Education



Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.