Please use this identifier to cite or link to this item:
http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/7790
Title: | Implementasi Spiritual and Emotional Quotient di SMP Negeri 1 Cluring Banyuwangi |
Authors: | Hasan, Lia Rusydiana |
Keywords: | Implementasi Spiritual Emosional Faktor Penghambat dan Pendukung |
Issue Date: | 14-Jul-2023 |
Publisher: | Universitas Islam Malang |
Abstract: | Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi kecerdasan spiritual dan emosional di SMP Negeri 1 Cluring. Kegiatan implementasi kecerdasan spiritual dan emosional yang dikemas dalam kegiatan pembiasaan ini di latar belakangi oleh penurunan karakter siswa yang menyebabkan peningkatan kasus kenakalan remaja dan pelecehan seksual. Sehingga hal tersebut mendorong para guru untuk meningkatkan karakter siswa yang agamis, baik, dan benar. Rumusan masalah yakni bagaimana kegiatan implementasi kecerdasan spiritual dan emosional di SMP Negeri 1 Cluring, faktor pendukung dan penghambat dari kegiatan tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan proses perencanaan, pelaksanaa, evaluasi, faktor pendukung dan penghambat dalam kegiatan implementasi kecerdasan spiritual dan emosional di SMP Negeri 1 Cluring. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis studi kasus yang dilakukan di SMP Negeri 1 Cluring, proses pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, yaitu pengamatan, metode wawancara yang merupakan metode pengumpulan dengan menggunakan tanya jawab secara lisan dengan narasumber dan metode dokumentasi yaitu mencari data-data mengenai hal-hal yang bersangkutan dengan penelitian. Hasil dari penelitian adalah: 1) perencanaan dalam kegiatan implementasi kecerdasan spiritual dan emosional yang meliputi penetapan program melalui analisa data, penetapan tujuan capaian, menentukan penanggung jawab, dan penyusunan jadwal kegiatan; 2) kegiatan implementasi kecerdasan spiritual dan emosional dalam bentuk pembiasaan meliputi membaca alqur`an, sholat dhuha dan sholat dhuhur berjamaah, infaq, istighotsah, program SAS (Siswa Asuh Sebaya), dan jum`at berkarakter yang termasuk dalam program P5 (Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila); 3) Evaluasi yang digunakan yakni refleksi yang dilakukan setiap selesai kegiatan dan evaluasi menggunakan instrumen rekapitulasi ketercapaian kegiatan yang dilaksanakan satu bulan sekali. Saran yang perlu diperhatikan yaitu bagaimana langkah kedepan dari SMP Negeri 1 Cluring untuk mengembangkan kegiatan implementasi kecerdasan spiritual dan emosional yang lebih menarik dan lebih baik. Kata Kunci: Implementasi, Spiritual, Emosional, Faktor Penghambat dan Pendukung. |
URI: | http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/7790 |
Appears in Collections: | UT - Islamic Education |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
S1_FAI_PENDIDIKAN AGAMA ISLAM_21901011275_LIA RUSYDIANA HASAN.pdf | Publish | 1.34 MB | Adobe PDF | View/Open |
IMPLEMENTASI SPIRITUAL AND EMOTIONAL QUOTIENT DI SMP NEGERI 1 CLURING BANYUWANGI.pdf Restricted Access | Fulltext | 4.5 MB | Adobe PDF | View/Open Request a copy |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.