Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/8079
Title: Internalisasi Nilai-Nilai Karakter Cinta Tanah Air Melalui Rumpun Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di Madrasah Aliyah Al-Mukhlisin Bangkalan
Authors: Sugiarto, Totok
Keywords: Nilai Karakter Cinta Tanah Air
Rumpun Mapel PAI
Issue Date: 5-Jul-2023
Publisher: Universitas Islam Malang
Abstract: Naluri manusia memiliki kecenderuangan cinta dan peduli terhadap kelompoknya. Pelajar berkarakter cinta tanah air, akan berusaha membela komunitasnya dan tidak rela jika kelompoknya direndahkan. Namun adanya anomali berupa penyimpangan-penyimpangan atau lunturnya nilai-nilai karakter cinta tanah air adalah hal yang tidak dapat dipungkiri sebagaimana yang terjadi pada pelajar Madrasah Aliyah Al-Mukhlisin. Akibat derasnya arus globalisasi dengan pesatnya teknologi dan informasi, ikut berperan mengikis rasa cinta terhadap tanah air Indonesia. Fokus penelitian terdiri atas tiga, yaitu jenis nilai nilai karakter cinta tanah air yang dinternalisasikan, perencanaan internalisasinya, dan prosesnya internalisasinya melalui Rumpun Mata Pelajaran PAI di Madrasah Aliyah Al-Mukhlisin. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan, menganalisis dan menginterpretasi terhadap ketiga fokus penelitian di atas. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus yaitu bersumber dari kegiatan pembelajaran rumpun Mata Pelajaran Agama Islam kelas XI Madrasah Aliyah Al-Mukhlisin. Metode pengumpulan data dengan menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Dengan metode tersebut peneliti menganalisis data yang ada melalui tiga komponen yaitu: reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil Penelitian ini menunjukkan jenis nilai-nilai katakter cinta tanah air yang diinternalisasikan adalah nilai-nilai karakter cinta tanah air yang termuat dalam KI-KD dari rumpun mata pelajaran Pendidikan Agama Islam yang diklasifikasi menjadi tiga aspek yaitu, aspek bela negara, aspek toleransi, dan aspek taat pada peraturan dan norma. 2). Perencanaan internalisasinya, mengacu pada perencanaan pembelajaran menurut Dick & Carey dengan hasil secara umum berkategori baik karena sebagain besar unsur-unsurnya terpenuhi. 3) Proses internalisasinya melalui tahapan-tahapan berupa: transformasi nilai, transaksi nilai dan transinternalisasi nilai. Sedangkan strategi internalisasinya berupa keteladan, pembiasaan, ibrah dan amtsal, nasehat, targhib wa tarhib, kedisiplinan, moral reasoning, dan forecasting concequence. Saran dari peneliti kiranya penelitian ini dapat menjadi manfaat bagi masyarakat luas dan dapat bermanfaat bagi pengambilan keputusan lembaga pendidikan. Diharapkan bahwa penelitian ini dapat menjadi landasan penelitian selanjutnya atas apa yang belum tersentuh oleh penelitian ini
URI: http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/8079
Appears in Collections:MT - Islamic Education



Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.