Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/8113
Title: Implementasi Pembelajaran Agama Islam (PAI) Dengan Pendekatan Active Learning di SMP Bayt Al-Hikmah
Authors: Puspitaningrum
Keywords: Implementasi pembelajaran agama islam
Pendekatan active learning
Issue Date: 5-May-2023
Publisher: Universitas Islam Malang
Abstract: Dalam rangka menciptakan model pembelajaran agama islam (PAI) yang efektif dan efektif, penedekatan active learning dalam pembelajaran perlu dikembangkan dalam rangka meningkatkan prestasi dalam belajar. Fungsi keaktifan dalam belajar dirasa sangat penting untuk memfungsikan otak secara maksimal guna menganalisis teks secara kritis dalam pembelajaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus pada SMP Bayt Al Hikmah Pasuruan. Sumber data penelitian dari informan, peristiwa dan dokumen. Teknik pengumpulan data dengan dokumentasi, observasi dan interview. Analisis data melalui analisis data kasus tunggal. Pengecekan keabsahan data melalui triangulasi data, perpanjangan penelitian dan pembahasan teman sejawat. Penelitian ini berusaha mengeksplorasi dan menganalisis dari segi efektifitas, dimulai dari perencanaan model active learning dalam pembelajaran agama islam (PAI), pelaksanaan pembelajaran agama islam (PAI) dengan model active learning, serta evaluasi hasil pembelajaran agama islam (PAI). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran agama islam (PAI) dengan pendekatan active learning dilakukan dengan tahap perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran dan hasil evaluasi pembelajaran. Hasil dari pelaksanaan pembelajaran ini adalah berkembangnya kemampuan dalam memecahkan masalah, kemampuan berfikir kritis dan kreatif, mampu mengimplementasikan nilai-nilai akhlak dalam penguasaan dan pengembangan ilmu pengetahuan
URI: http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/8113
Appears in Collections:MT - Islamic Education



Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.