Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/8120
Title: Pengembangan Media Pembelajaran Simple Syllables Board dalam Pengenalan Membaca Awal Anak Usia 4-5 Tahun di TK Muslimat NU 16 Mayor Damar
Authors: Agustina, Anisa Maulidiah
Keywords: Membaca Awal
Anak Usia 4-5 Tahun
Media Simple Syllables Board
Issue Date: 20-Jul-2023
Publisher: Universitas Islam Malang
Abstract: Membaca awal adalah aktivitas mengenal lambang bunyi, rangkaian huruf, suku kata dan kata yang diberikan secara terprogram melalui permainan dan kegiatan yang menyenangkan, namun pada kenyataannya dalam lembaga pendidikan media yang digunakan untuk pengenalan membaca awal anak sangat kurang, serta tuntutan orang tua yang menginginkan anaknya untuk bisa membaca setelah lulus dari jenjang PAUD. Lembaga AUD harus menyediakan kegiatan membaca dengan menggunakan poster abjad, media penenalan huruf vokal dan buku berjilid. Sehingga dengan keadaan tersebut pendidik merasa kesulitan untuk mengajarkan anak yang masih sukar dalam kegiatan membaca awal terutama mengenal huruf dan suku kata. Fokus permasalahan pada penelitian ini yaitu perkembangan membaca awal anak usia 4-5 tahun dan pengembangan media pembelajaran Simple Syllables Board terhadap pengenalan membaca awal anak usia 4-5 tahun di TK Muslimat NU 16 Mayor Damar. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian R&D (Research and Development) dengan model Borg & Gall, melalui pendekatan prosedural deskriptif. Teknik analisis data yang digunakan adalah menggunakan teknik analisis kualitatif dan kuantitatif. Penelitian pengembangan ini menghasilkan produk berupa media pembelajaran Simple Syllables Board dalam pengenalan membaca awal anak usia 4-5 tahun. Dengan rangkaian langkah-langkah: a) penelitian dan pengumpulan informasi awal, b) perencanaan, c) pengembangan format produk awal, d) uji coba awal, e) revisi produk, f) uji coba lapangan, g) revisi produk, h) uji lapangan, i) revisi produk akhir, j) desiminasi dan implementasi. Produk di validasi oleh ahli media dengan hasil penilaian 67,9 % dan ahli bahasa (materi) sebesar 71,4% dengan revisi produk sebelum di uji coba dalam kelompok kecil. Dalam penilaian uji coba menggunakan tiga aspek penilaian yaitu kemudahan, keamanan dan kesenangan anak menggunakan media. Hasil uji coba kelompok kecil dengan kategori baik, uji coba lapangan kategori cukup, dan uji lapangan dengan kategori baik. Serta hasil respon guru dengan nilai 92,9 % atau kategori baik. Maka dapat disimpulkan bahwa media Simple Syllables Board layak digunakan. Kata Kunci: Membaca Awal, Media Simple Syllables Board, Anak Usia 4-5 Tahun
URI: http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/8120
Appears in Collections:UT - Raudhatul Athfal Teacher Education



Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.