Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/8211
Title: Implementasi Program Sekolah Ramah Anak dalam Membentuk Karakter Siswa di SDN 02 Pakisjajar
Authors: Afina, Pratiwi Annisa Mustath
Keywords: Program Sekolah Ramah Anak
Pendidikan Karakter
Issue Date: 3-Jul-2023
Publisher: Universitas Islam Malang
Abstract: Dunia pendidikan mempunyai karakter dinamik, karena pendidikan merupakan suatu bentuk pelayanan pada setiap anak. Mewujudkan karakter yang baik, akhlak yang terpuji, SDN 02 Pakisjajar menggerakkan sebuah kebijakan sesuai arahan dari Dinas Pendidikan yaitu Program Sekolah Ramah Anak. Pihak sekolah terkait melakukan sebuah perencanaan program tersebut dengan kerjasama antar sesama guru, menentukan sebuah kurikulum, mempersiapkan model dan metode ajar. Pelaksanaan program sekolah ramah anak bertujuan untuk mendukung kesuksesan program sekolah ramah anak selama diterapkan di lingkungan sekolah sehingga dapat mengimplementasi sebuah karakter yang telah ditanamkan dari program tersebut. Fokus penelitian meliputi sebagai berikut: 1) bagaimana perencanaan program sekolah ramah anak dalam membentuk karakter siswa. 2) bagaimana pelaksanaan program sekolah ramah anak dalam membentuk karakter siswa. 3) bagaimana hasil program sekolah ramah anak dalam membentuk karakter siswa. Tujuan penelitian untuk mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan, dan hasil program sekolah ramah anak di SDN 02 Pakisjajar. Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yaitu proses penelitian yang menghasilkan data deskriptif yang berupa kata-kata tertulis atau lisan dari seseorang dan perilaku yang diamati. Dengan jenis studi kasus yaitu suatu proses pengumpulan informasi secara mendalam, mendetail, naturalistik, dan sistematis mengenai suatu peristiwa, baik terhadap individu maupun kelompok dengan menggunakan berbagai metode dan teknik serta banyak sumber informasi untuk memahami secara efektif bagaimana suatu kejadian, orang, latar alami itu berfungsi sesuai dengan konteksnya. Berfokus pada perencanaan yang berawal dari menentukan kebijakan ramah anak yang mencakup anti kekerasan, pelecehan, dan Bullying sesama siswa. Kemudian pelaksanaan melalui program ekstrakurikuler, pembiasaan dan pada akhirnya akan membuahkan hasil dengan membentuk siswa berkarakter unggul, guru yang humanis, serta dapat menjadikan sekolah tempat rumah kedua bagi siswa yang aman, bersih, sehat, nyaman, dan menyenangkan. Karakter yang diterapkan mencakup, kedisiplinan, kejujuran, sikap sosial, dan dalam pertemanan antar siswa. Program sekolah ramah anak sejauh ini sudah berjalan sesuai dengan rencana yang telah disusun sangat rapi sebagaimana yang diharapkan. Kata kunci : Program Sekolah Ramah Anak, Pendidikan Karakter
URI: http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/8211
Appears in Collections:UT - Madrasah Ibtidaiyah Teacher Education



Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.